Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Cara Setting Aplikasi UNBK 2018 Lengkap

Cara Setting Aplikasi UNBK 2018 Lengkap, sebelum kita melanjutkan cara setting dan menjalankan aplikasi UNBK atau UBK 2018, download terlebih dahulu VHD 2018 dan beberapa software pendukung lainnya pada link di bawah ini :

Cara Setting Aplikasi UNBK 2019 Lengkap [new]



1. Download VHD UNBK 2018 (password : P4ssw0rd),
Link 1
https://drive.google.com/open?id=0B9Xw1_DtfA3Gak12aHhvSGdfaDg

Link 2
https://drive.google.com/open?id=0B2Xcfb1VQz_sSzFITXVPb3Q0RU0


2. Download ExambroCBTSync Versi 50.170406
3. Download ExambrowserClient Versi 17.0428

UPDATE:
Petunjuk Instalasi dan Cara Setting Server UNBK 2018 [terbaru]

[[[[[ UPDATE 24 JANUARI 2018 ]]]]]

DOWNLAOD VHD SIMULASI II PART 1-20
DOWNLAOD VHD SIMULASI 2 PART 21-28


Setelah mendownload semua aplikasi di atas, lakukan beberapa intruksi di bawah ini :

A. PERSYARATAN DAN PERSIAPAN TEKNIS UNBK 2018 



B. SOFTWARE

  • VHD dan Exambro Lama Silahkan dihapus (Baca cara mengganti vhd lama dengan vhd baru )
  • Pastikan topology Jaringan menggunakan topology yang diberikan UNBK
  • Proktor Menyalakan VM namun tidak perlu masuk ke Windows VM (cukup idle, tidak membutuhkan password masuk windows) namun ada password untuk membuka Bitlocker dengan password : P4ssw0rd
  • Aplikasi Web CBTSync diakases dari Host Server menggunakan ExambroCBTSync admin
  • Client dalam mengakses halaman tes menggunakan Exambro versi Terbaru sesuaikan dengan OS (Windows,Linux, MacOS dan ChromeOS) dan tipe bit (64 atau 32) di client.
  • Pastikan client menggunakan statik IP Address setting dengan segmen yang sama dengan VM (192.168.0.xxx) selain 192.168.0.200
  • Pastikan URL di Exambro : https://192.168.0.200/unbk
  • Silahkan konsisten membuka web ubk.kemdikbud.go.id (ada info khususnya untuk proktor dan dinas)

C. TOPOLOGI JARINGAN UNBK 2018






D. PERSIAPAN SERVER

  • Pastikan ada web browser chrome versi 39 keatas.
  • Menyesuaikan browser chrome dengan bit OS komputer klien
  • Menstatikkan IP Server yang terarah ke HUB/Switch Client dengan segmen 0
  • ExamBrowser Admin Versi terbaru
  • Instalasi Virtual Machine (Virtual Box) ( baca cara install virtual box di windows 7,8,10 )
  • Pembuatan VHD ( baca cara install vhd untuk UNBK)
  • Menjalankan ExamBrowser Admin (Baca cara menjalankan ExamBrowser Admin 2018 / CBTSync 2018 )
E. PERSIAPAN CLIENT
  • Pastikan ada web browser chrome versi 39 keatas.
  • Menyesuaikan browser chrome dengan bit OS komputer klien
  • Menstatikkan IP klien dengan segmen 0
  • Mengcopy folder exam browser 17.0428 di desktop komputer klien
  • Menjalankan ExamBrowser Client ( baca Cara install dan menjalankan ExamBrowser Client di Windows dan di Linux )

F. TROUBLE SHOOTING UNBK 2018
Baca Artikel di bawah ini
cara setting aplikasi unbk 2018 lengkap

Cara Setting Aplikasi UNBK 2018 Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jawara Cloud

46 komentar:

  1. Maaf, apakah file yg tidak dari google drive ada ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. file sudah dudah di upload ulang, silakan cek kembali pak

      Hapus
    2. Pak kita mengalami kendala...
      saat ini server kita pakai WIN 10, kita coba install ulang berurutan sesuai panduan, akan tetapi saat process PATCHING sukses... namun muncul ERROR.
      dari HELPDESK menyarankan ganti VHD, kita dah 5x ganti VHD ttp sama.

      Hapus
  2. Balasan
    1. file sudah di upload ulang, silakan downlaod kembali pak

      Hapus
  3. PART1
    https://drive.google.com/open?id=0B9Xw1_DtfA3Gak12aHhvSGdfaDg

    PART2
    https://drive.google.com/open?id=0B2Xcfb1VQz_sSzFITXVPb3Q0RU0

    BalasHapus
  4. assalamualaikum,, yang exambro client,, link nya kok ke yang exambro server juga ?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya aja tukang upload tanpa cek itu exam admin atau client, saya sudah 6x download examclient yg kedownload itu exam admin terus.

      Hapus
    2. Berikut link xambro client https://goo.gl/9h6BJv

      Hapus
  5. sangat bermanfaat ...makasih banyak atas ilmunya pak...

    BalasHapus
  6. kalau untuk exambrowser klien yang versi linux bisa download dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipaket vhd 2018 sudah ada gan, nanti kami bantu untuk upload xambro client untuk linux

      Hapus
  7. SY PERLU TUTORIAL SECARA PRIVAT A[A ADA YG BISA BANTU EMAIL stafsekertarisbpd@gmail.com

    BalasHapus
  8. exambrow client linux mana ya link nya

    BalasHapus
  9. exambro server gak lengkap, puspendiknya gak ada, exambro client linknya ke server mulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. berikut link untuk xambro client
      https://goo.gl/9h6BJv

      Hapus
  10. memakai windows 10 64bit diserver unbk apakah pengaruh di koneksi clienty? saya ad ulasan klo buat unbk jangan sampai pakek windows 10 dikarenakan bisa terjadi client gak bisa terhubung di ke server.miinta pencerahanya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada pengaruhnya Gan, saya juga pakai win 10 di server.

      Hapus
  11. link ExambrowserClient Versi 17.0428
    mohon link ulang min.....
    yang kedownload selalu exam server
    ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, mohon maaf atas ketidaknyamanannya, akan saya upload ulang

      Hapus
  12. "Akses internet dan WIFI di client harus DIMATIKAN, untuk bisa menjalankan aplikasi exambro terbaru"
    -------------------
    hmmmm.....tidak harus dimatikan kelesss
    client ditempat kami pakai wireless

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus kabel, tidak juga harus wireless. ditempat kami juga menggunakan kabel di lab dan wireless di outdor untuk ujian sekolah. itu tak jadi soal asal paham jaringan. dan artikel dsini ditulis untuk pemula yang ingin belajar :)

      Hapus
  13. pak, maaf mw tnya. sy pemula. file VHD nya emank sgitu bnyk kah? penggunaan nya gmna aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. vhd nya banyak karena dipecah2 biar bisa di downlaod oleh sekolah lain yang koneksi internetnya tidak begitu besar. Baca artikel ini pak, vhd nya sudah disatukan: Cara Setting Server UNBK 2018 Update

      Hapus
  14. Di tempat saya, ketika cbt cysn dijalankan, chrome hanya ngeblank hitam, kalo kasusnya seperti ini kira2 kenapa ya.??
    sama seperti kasus ini https://www.youtube.com/watch?v=qSDz4I0jJXI

    BalasHapus
    Balasan
    1. chromenya ditutup semua, kemudian jalankan cbtsync, itu dikarenakan ada browser chrome yang terbuka

      Hapus
  15. maaf mau tanya solusi kalo exambrow client tidak jalan gmna ya? terus untuk cbtsync gk bisa jalan tapi virtualbox managernya udah running.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada settingan di server yang kurang tepat, errornya bagaimana?, nanti bisa kami bantu

      Hapus
  16. server unbk apakah bisa pake server win10 pro 64 bit

    BalasHapus
  17. MOHON INFO GAN MENGAPA VIRTUAL BOX GAK ADA PILIHAN IWNDOWS 10 64BIT

    BalasHapus
  18. Mohon pencerahan. saya pemula Gan, apakah komputer client pakai win 10 bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, yg penting memakai xambro client terbaru

      Hapus
  19. ada exambrowser / cbtsync server versi linux?

    BalasHapus
  20. kalau di linux menjalankan exambro client bagaimana ya?

    BalasHapus
  21. mau tanya nih... setelah patching muncul bitlocker. sehingga ga bisa masuk VM. mohon solusinya. terimkasih

    BalasHapus
  22. maaf om, mau tanya bisa kah ini di runing kan do windows server

    BalasHapus

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.