Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Cara Setting Server UNBK 2018 [update]

Cara Setting Server UNBK 2018 [update], JawaraCloud.NET - Pelaksanaan UNBK sudah semakin dekat, seluruh sekolah / madrasah tingkat menengah (SMP, SMA, SMK / MTs, MA) pun telah menyiapkan diri untuk keberhasilan pelaksanaan UNBK tahun 2018. Kali ini kami akan ulas kembali cara instalasi dan setting Server UNBK. Walaupun sebelumnya bahasan mengenai unbk ini sudah cukup lengkap di tahun-tahun sebelumnya, akan tetapi masih banyak pertanyaan yang masuk kepada kami baik melalui WhatApp maupun via inbox facebook kami. Maka tidak ada salahnya jika kami bahas kembali dengan harapan: semoga JawaraCloud ini dapat membantu kawan-kawan operator sekolah, teknisi dan proktor seluruh indonesia, serta dapat menambah pengerahuan kawan-kawan kita mengenai sistem ujian nasional sekolah berbasis jaringan ini.

Konfigurasi Server

Sebelum melakukan konfigurasi server unbk, sebaiknya anda copy-paste dahulu file VHD UNBK, Exambro Admin, Software Installer VirtualBox dan Windows dotNET Framework, simpan kedalam satu folder di drive D. Kemudian Anda harus menginstal VirtualBox dan .NET Framework dulu di komputer server, selanjutnya membuat Virtual Machine (VM) untuk menjalankan file VHD unbk yang sudah anda dapatkan sebelumnya dari dinas kabupaten/kota, provinsi, maunpun langsung dari pusat.

Link Download Berkas UNBK 2018

Download VHD UNBK 2018
Download ExamBro Admin / CBTsync
Download ExamBro Client

Instalasi VirtualBox

Supaya dapat berjalan dengan benar, virtualbox butuh prosesor yang memiliki dukungan teknologi virtualization (VT-x/VT-d untuk arsitektur cpu intel sedangkan AMD-v untuk arsitektur cpu AMD), oleh sebab itu fitur virtualization (VT-x / AMD-v) ini harus diaktifkan terlebih dulu sebelum proses instalasi virtualbox. Untuk mengaktifkan fitur ini silahkan masuk BIOS. Detil pengaturan tergantung pada jenis BIOS, tetapi pada kebanyakan Virtualization Technology (VTx/VTd) ada pada menu “security” dan sub menu “system security”.  Sebagai gambaran, Anda bisa lihat pengaturan BIOS di server kami berikut ini:

Setelah itu barulah anda instal Virtualbox,

Baca Panduan : Cara Install VirtualBox di Windows 7/8/10




Setting IP Address Server UNBK

Server unbk harus memiliki 2 port ethernet/NIC dan tentunya masing-masing harus berbeda ip addressnya supaya tidak terjadi conflic network pada windows. Ethernet kedua disambung ke router / internet kemudian ethernet pertama disambung ke client / switch-hub pada lab sekolah anda. Setting ip address pada server / ethernet fisik pada server dan client tidak boleh menggunakan ip 192.168.0.200 karena ip tersebut telah paten sudah dipakai oleh vm (virtual machine) yang ada pada VHD UNBK. Sebagai contoh saja, di server unbk kami, diberikan ip address : 172.16.0.2, gateway: 172.16.0.1, silakan sesuaikan ip address dengan konfigurasi di router anda (bisa pakai ip dinamis/static), sedangkan ethernet yg menuju client diberikan ip address 192.168.0.201 (harus static dan tanpa gateway, tanpa dns). Agar lebih jelas lihatlah gambar dibawah ini:


Q: Mengapa ip LAN 1 dan LAN 2 dibuat berbeda?
A: Supaya vm server lancar dan exambro-server tidak crash mengidentifikasi kartu jaringan kita.

Q: Bagaimana Setting IP Server, apabila sekolah memiliki 2 server atau lebih
A: IP LAN Server yg menuju internet tidak boleh sama nomor ip address. Switch Hub yang terhubung ke siswa tidak boleh gabung antara server 1 dan server 2, IP address server pada LAN yang terhubung switch hub siswa boleh sama misalnya 192.168.0.201

Q: Bagaimana cara instalasi kabel dan topologi jaringan UNBK 2018

Baca Artikel : Topologi Jaringan UNBK


Selanjutnya anda buat virtual mesin di virtualbox, jika di server anda sudah ada setingan VM tahun sebelumnya anda cukup memperbarui vhd lama ke vhd yg baru, vhd 2017 diganti ke vhd 2018.

Baca Panduan : Cara Mengganti VHD UNBK Terbaru pada VirtualBox

Namun, jika server anda baru dan ingin membuat vm dari awal, anda bisa ikuti panduan membuat vm unbk 2018 tahab demi tahab pada uraian berikut ini

Setting VM Server / VHD UNBK

Setting VM (virtual machine) pada virtualbox untuk menjalankan vhd unbk cukuplah mudah, begini step by step nya :
1. Buka Oracle VM VirtualBox dari menu windows Start ➔ Programs Oracle VM VirtualBox Manager (iconnya bergambar kotak 3D hitam), tunggu sampai tampilan vm manager muncul / siap digunakan. Kemudian klik New.
Cara Setting Server UBK 2018

2. Isilah nama VM dan tentukan jenis operating system nya
Name : UBK 2018, Type: Microsift WIndows, Version: Windows 2012 (64 bit), lalu klik Next
Cara Setting VM pada Server UBK 2018

3. Aturlah kapasitas memory yang akan kita pasang ke dalam virtual mesin UNBK,
Catatan: Geser jarum penunjuk hanya sampai mendekati bar merah, ingat jangan sampai menabrak bar merah karena akan mengganggu permorma server. Selanjutnya klik Next

4. Klik use an existing virtual hard drive file kemudian klik Browse File atau icon folder berwarna kuning,

5. Selanjutnya pilih file vhd UNBK 2018 dan klik Open




6. Selanjutnya klik tombol Create

7. Setelah kita menekan tombol Create, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, klik icon Settings

8. Pada submenu system, klik tab Matherboard, hilangkan checklist pada floppy dan CD/DVD.

9. Sisakan hanya Hard Disk yang tercentang, lalu klik tab Processor

10. Pada tab menu Processor, naikkan core menjadi 2, dan klik OK

11. Klik Settings lagi seperti di langkah 7, kemudian arahkan mouse anda ke submenu Network
klik Adapter1, pilih mode Bridge Adapter, dan pilih jenis lancard kita yang terhubung ke client/komputer siswa

12. Pada pengaturan di Adapter 2, kita pilih mode NAT agar VM UNBK nantinya dapat terhubung ke sever pusat

Selesai setting VM UNBK yang selanjutnya akan kita panggil / kita jalankan menggunakan ExamBrowser Admin




Menjalankan ExamBrowser Admin pada UNBK 2018

Sebelum menjalanjankan ExamBrowser Admin, kita harus menginstall Microsoft .NET Framework. Dan jika anda sudah menginstalnya anda cukup mengecek program tersebut sudah terinstall dengan benar melaui windows ControlPanel ➔ Programs and Feature seperti yang saya capture pada gambar dibawah ini

Selanjutnya, buka Program ExamBrowser Admin
Pengisian nama VM harus sama persis dengan nama vm di virtualbox, selanjutnya Start VM, tunggu proses loading.... dan akan memakan waktu tunggu agak lama sesuai dengan spesifikasi komputer server anda.
Jika muncul tampilan seperti diatas ini, maka anda klik tombol yes, selanjutnya browser akan terbuka serta menampilkan status server di lembaga bapak [Aktif / Stanby / Offline]


Baca Juga : Troubleshooting UBK 2018 Lengkap [Client]

....bersambung ➔

Cara Setting Server UNBK 2018 [update] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

3 komentar:

  1. mau tanya nih mas admin, setelah simulasi 1 minggu kemarin, bermasalah tidak server kalo di instal ulang sebelum simulasi 2, soal nya saya pake win10 mau di instal ulang ke win 7., dan apakah vhd untuk simulasi 2 menggunakan vhd yang bekas simulasi 1?

    BalasHapus
    Balasan
    1. install ulang tidak masalah pak, VHD nya pakai VHD Simulasi 1

      Hapus
    2. untuk id server dan sn simulasi 2 sama ga dengan simulasi 1, en nanti pake nya vhd yang masih fresh ato yang sudah di sinkron kemaren?

      Hapus

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.