Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Pengertian, Fungsi dan Contoh Sistem Operasi Lengkap Untuk Anak IT

Pengertian, Fungsi dan Contoh Sistem Operasi Lengkap Untuk Anak IT


Pengertian Sistem Operasi Lengkap
Sistem operasi adalah program yang dapat mengelola berbagai sumber daya (hardware dan software), juga menyediakan berbagai layanan yang banyak fungsi dan manfaatnya. Sistem Operasi sifatnya dasar dan harus ada jika mau mengoperasikan komputer.

Sistem Operasi atau yang sering disebut OS (Operating System) dalam dunia Information Technologi (IT) merupakan komponen esensial yang bisa digunakan oleh manusia untuk membantu dalam pekerjaannya.
Pengertian Fungsi Manfaat Sistem operasi Lengkap

Sistem Operasi berdasarkan American National Standart Institute atau ANSI adalah software yang mengontrol pelaksana program - program komputer, yaitu mengatur waktu prosesnya, pengecekan kesalahan yang ada, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, melakukan penyimpanan, melakukan pengolahan data serta berbagai bentuk layanan yang terkait.

Menurut Kamus Besar Bahsa Indonesia (KBBI) Sistem adalah perangkat lunak yang secara teratur saling berkaitan dan membentuk suatu totalitas.

Sedangkan operasi berarti bisa dioperasikan atau bisa digunakan. Jadi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dapat saya simpulkan

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang secara teratur saling berkaitan dan membentuk suatu totalitas yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Secara umum sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer saat komputer pertama kali dinyalakan atau yang disebut booting. Arti proses booting sendiri yaitu proses ketika menghidupkan komputer dengan masuknya arus listrik ke dalam peralatan komputer kemudian dilanjutkan dengan sistem memeriksa ada atau tidak adanya perangkat keras (hardware) yang terhubung pada komputer, agar komputer bisa berkomunikasi dengan user pengguna atau dalam dunia Information Technologi disebut dengan brainware.
Pengertian, fungsi dan manfaat sistem operasi (operating sistem) lengkap

Saat komputer atau laptop sudah dinyalakan maka akan kita dapati sistem operasi seperti windows, linux, macintosh, apple, unix, dll. Pada dasarnya sebuah komputer tertanam sistem operasi default yang disebut dengan BIOS. Bios sendiri merupakan singkatan dari Basic Input Output System. Sistem operasi pada bios berfungsi sebagai managemen perangkat Input dan Perangkat Output secara mendasar, seperti North bridge, Southbridge dan lain-lain, hanya saja sistem operasi ini tidak sesuai dengan kebutuhkan manusia pada umumnya. Seperti browsing, mengetik, bermain game dan lain sebagainya. Dengan adanya kebutuhan-kebutuhan yang berbeda tersebut tahun 1970 pertama kali sistem operasi ada. Sistem operasi ada karena para ahli komputer Xerox Palo Alto Research Center (PARC) mengembangkannya. Dengan begitu dunia information teknologi semakin berkembang pesat.


Kemudian Xerox merilis kembali sistem operasi dengan nama The Xerox Star. Ini lebih baik dan lebih modern dari sistem operasi yang pertama. Nama The Xerox Star kemudian diganti Viewpoint dan akhirnya menjadi GlobalView.

Dan pada tahun 1984, sistem operasi apple telah dirilis. Sistem operasi ini hampir mirip dengan sistem operasi yang saat ini kita gunakan. Sebab tampilan desktop yang ada dalam sistem operasi ini adalah ikon – ikon kecil.

Pengertian, manfaat dan fungsi icon Sistem Operasi



Dari data diatas, kita dapat mengetahui bahwa sistem operasi yang berbasis GUI banyak dikembangkan oleh beberapa sistem operasi yaitu windows, linux, amiga, dll yang berciri dengan adanya ikon untuk mempermudah penggunaannya.

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi

Fungsi dan Manfaat Sistem Operasi Lengkap Beserta Gambar Untuk Anak IT
  1. Mengelola berbagai sumber daya yang terdapat di dalam perangkat dan terkait dengan pengendalian perangkat lunak sistem yang dijalankan
  2. Melakukan pengelolaan data maupun pengendalian terhadap data input maupun data output
  3. Sebagai jembatan antara sistem dengan brainware (pengguna)
  4. Sebagai penerjemah (karena sistem merupakan kode dan kode tersebut diterjemahkan melalui sistem operasi agar brainware bisa mempergunakan)
  5. Mengatur program software agar dapat berinteraksi dengan hardware secara stabil dan konsisten
  6. Melakukan berbagai proses seperti penyiapan, penjadwalan, pemantauan sebagai hasil dari proses yang dijalankan
  7. Mengatur pembagian dan pengiriman instruksi dari memori utama atau tempat penyimpanan lain ke dalam sistem komputer
  8. Mengatur aplikasi yang ada dalam sistem operasi yang ada di dalam perangkat baik komputer maupun laptop

Bagian Sistem Operasi

Sistem operasi pada umumnya memiliki beberapa bagian yang terdiri atas :
  1. Mekanisme boot
    Yaitu Menempatkan dan mengeksekusi kernel ke dalam memori. Biasa disebut bootstrap program.
  2. Kernel
    Yaitu inti dari sistem operasi yang diciptakan sebagai biner yang tunggal dan monolitis.
  3. Command interpreter atau shell
  4. Pustaka – pustaka
  5. Driver

Contoh Sistem Operasi

Sistem operasi banyak macamnya mulai dari windows, linux, unix, macintosh, apple, dll. Semakin banyak pula jika disertai dengan varian - varian dari setiap sistem operasinya. Dan kesemuanya memiliki manfaat dan fungsi tersendiri yang berbeda satu dengan lainnya.

Nah, kali ini saya akan menjelaskan secara singkat contoh sistem operasi yaitu Microsoft windows dan linux

  1. WINDOWS
    Ini merupakan produk dari Microsoft Corporation. Disebut dengan nama microsoft windows.
    Pengertian fungsi dan mafaat sistem operasi windows
    Microsoft windows adalah sistem operasi yang menggunakan GUI (Graphic User Interface) atau antar muka bergrafris.
    Maksudnya adalah kita cukup mengklik tombol atau simbol yang terdapat di Microsoft Windows tanpa harus menghafal teks atau perintah.
    Sistem operasi windows digunakan kebanyakan oleh orang yang hanya mengenal IT (bukan seorang ahli IT) karena mudah cara penggunaannya yaitu dengan cukup mencari yang diinginkan dan langsung di klik.
    Sistem operasi windows ini bersifat tertutup (close source). Jadi harus membeli atau membayar (lisensi) terlebih dahulu untuk mendapatkan sistem operasi ini. Namun Microsoft memberikan masa uji coba selama 30 hari.

    Microsoft windows banyak variannya, seperti Windows 95, Windows NT 4.0, MS windows 98, MS windows 2000, MS windows Me, MS windows XP, MS windows home server, MS windows server 2008, MS windows 7 home, MS windows 7 professional, MS windows 8, MS windows 8.1, MS windows 10, dll.

  2. Nantikan artikel berikutnya mengenai cara install windows 7 lengkap disertai dengan gambar
  3. LINUX

    Ini merupakan sistem operasi yang bisa digunakan dengan teks maupun GUI. Linux dirintis dan dibuat oleh mahasiswa lulusan Universitas Helsinki di Negara finlandia. Linus Torvalds. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia.
    Pengertian fungsi manfaat Sistem Operasi Linux
    LInux juga banyak variannya atau distronya seperti debian, redhat, slackware, lycoris, xandros, lindows, linare, centos, knoppix, fedora, suse, ubuntu, mint, garuda, blankon, backtrack,dll. Pada waktu penginstalan sistem operasi linux kita dapat memilih mengggunakan berbasis GUI atau teks.

    Nantikan artikel berikutnya mengenai cara install linux menggunakan flashdisk lengkap disertai dengan gambar.


    Jika berbasis GUI sama saja penggunaanya dengan sistem operasi windows. Namun jika kita memilih menggunakan teks maka kita harus hafal perintah yang terdapat dalam linux. Dan untuk setiap distronya kalimat perintahnya berbeda.
    Dan kebanyakan orang yang menggunakan Linux adalah orang ahli IT. Karena Linux memiliki kelebihan keamanan yang kuat dibanding dengan microsoft windows.

    Perkmbangan Linux jauh lebih banyak dan lebih pesar dari pada Microsoft windows karena sistem operasi linux bersifat GNU walaupun ada juga beberapa distro yang sudah mulai mengelurkan versi berbayar.

    Nah, untuk cara penginstallan dari berbagai versi sistem operasi dan berbagai distro, kita lanjutkan ke pembahasan artikel selanjutnya. Tetap stay on di www.jawaracloud.net

Pengertian, Fungsi dan Contoh Sistem Operasi Lengkap Beserta Gambar Untuk Anak IT
By : Sofiyatuz Zahroh (IT Dev. on JC)

Pengertian, Fungsi dan Contoh Sistem Operasi Lengkap Untuk Anak IT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jawara Cloud

1 komentar:

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.