Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1ads

Menerapkan Quality Of Service QoS dengan Mikrotik Routeros

Menerapkan Quality Of Service QoS dengan Mikrotik Routeros




Selamat Datang di JawaraCloud!, udah pada tau belum soal yang namanya Quality of Service (QoS) dengan MikroTik RouterOS? Nah, kali ini kita bakal bahas nih tentang hal keren ini. Jadi, QoS ini tuh kayak jaminan mutu gitu buat koneksi internet kita. Biar bisa main game, streaming, atau video call tanpa gangguan, lah!


Apa sih QoS itu?


Oke, langsung aja ya, QoS itu singkatan dari Quality of Service. Nah, jadi ini kayak atur-atur prioritas gitu buat koneksi internet. Jadi, misalnya kita lagi main game, kan butuh koneksi yang stabil, nah QoS ini bakal ngasi prioritas buat game daripada misalnya streaming atau download yang gak terlalu penting.

Kenapa Harus Pake MikroTik RouterOS?


Nah, bro, sekarang pertanyaannya, kenapa harus pake MikroTik RouterOS? Gampang, karena MikroTik RouterOS ini punya fitur QoS yang keren banget. Kita bisa atur prioritas koneksi internet dengan mudah banget lewat MikroTik, gak perlu ribet-ribet lagi deh.

Cara Menerapkan QoS dengan MikroTik RouterOS


Oke, sekarang kita mau bahas gimana cara menerapkan QoS ini dengan MikroTik RouterOS. Tenang aja, gak perlu jago-jago banget IT buat bisa ngelakuin ini. Ikutin aja langkah-langkahnya:

Login ke Router MikroTik: Pertama-tama, kita harus login dulu ke router MikroTik kita. Buka browser, terus masukin IP address router MikroTik di address bar. Biasanya defaultnya 192.168.88.1.

Masuk ke Menu QoS: Setelah login, kita masuk ke menu QoS. Caranya, tinggal klik menu “Queue” di sebelah kiri layar.

Tambahkan Queue Type: Nah, sekarang kita tambahin dulu Queue Type-nya. Queue Type ini yang bakal nentuin prioritas koneksi internetnya. Klik tombol “+” terus pilih “Queue Type”.

Atur Prioritas: Di langkah ini, kita atur prioritas masing-masing Queue Type. Misalnya, buat Queue Type “Game” dengan prioritas tinggi, trus buat juga buat Queue Type “Streaming” dengan prioritas yang sedang, dan seterusnya.

Tambahkan Queue: Nah, sekarang tambahin Queue-nya. Queue ini yang bakal ngasih tau MikroTik gimana cara ngatur koneksi internetnya sesuai dengan Queue Type yang udah kita buat tadi.

Atur Target: Terakhir, atur target dari masing-masing Queue. Kita bisa atur berdasarkan IP address, MAC address, atau subnet.

Tips dan Trik


Nih, ada beberapa tips dan trik buat menerapkan QoS dengan MikroTik RouterOS:

Prioritaskan Koneksi Penting: Pastiin koneksi yang penting banget, kayak game atau video call, diberi prioritas yang tinggi.

Pantau Penggunaan Bandwidth: Pantau terus penggunaan bandwidth-nya. Kita bisa liat dari menu “Interfaces” di MikroTik.

Update Regularly: Jangan lupa update MikroTik RouterOS secara berkala. Biasanya ada fitur-fitur baru yang bisa membantu kita dalam menerapkan QoS.

Uji Coba: Setelah semua diatur, pastiin untuk melakukan uji coba. Main game, streaming, atau video call untuk ngecek apakah QoS udah berjalan dengan baik atau belum.

Kesimpulan

Nah, gitu deh cara menerapkan QoS dengan MikroTik RouterOS. Gampang banget kan? Jadi, gak perlu khawatir lagi deh kalo lagi main game tiba-tiba lag atau pas lagi video call tiba-tiba putus. Dengan QoS ini, semuanya bisa jalan dengan lancar. Yuk, langsung dicoba prakteknya!