Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1ads

Cara Setting DDNS Gratis IP Cloud MikroTik

Jawaracloud.net kali ini memberikan sebuah Solusi agar dapat mengakses IP Public Dynamic pada Modem Indihome menggunakan mikrotik. Pada Tipe Router OS MikroTik v6. 14 tersedia fitur tambahan yaitu DDNS ( Dynamic Domain Name Server) buat fitur Routerboard. IP Cloud merupakan penyelesaian guna mengidentifikasi pergantian IP Public Dinamis Kalian, salah satu contohnya bila Kamu memakai layanan ISP Indihome. Nama Domain juga diberikan secara free dari server cloud mikrotik.


Kapan sih kita membutuhkan fitur DDNS:

  • Memiliki IP Public Dinamis yang senantiasa berubah- berubah.
  • Memiliki 2 IP Public di 2 ISP berbeda yang dijadikan selaku failover.
  • Memiliki fitur jaringan di rumah ataupun kantor yang mau di remote dari jaringan internet.


IP Cloud MikroTik

Sepanjang pengalaman saya, Pengguna DDNS mayoritas yang memakai layanan internet Indihome, Biznet, Firstmedia, CBN, sebab provider tersebut masih membagikan IP Public Dynamic pada modem clientnya. Kesusahan yang dirasakan bila hendak membuat router ataupun server lokal yang membutuhkan service semacam website server, remote kamera pengaman, VPN server ataupun cuma remote mikrotik dengan winbox dari jaringan internet. Sebab IP Public yang kita terima senantiasa berubah- ubah.

Tadinya bisa jadi kita memakai layanan DDNS dari pihak ketiga semacam NO- IP, DYNDNS dll yang memerlukan script yang rumit pada artikel bahasan artikel sebelumnya. Agar Pengaturan Dynamic DNS di MikroTik supaya melaksanakan pembaharuan ke server secara otomatis. Kegundaan tersebut lenyap dengan hadirnya Fitur IP Cloud yang sangat mempermudah dengan fungsi yang sama.


Cara Kerja IP Cloud pada MikroTIK


Pastikan router yang kamu gunakan terhubung dengan internet.

Router akan merequest nama DNS ke IP Cloud Server yang nama domain tersebut akan kita pakai untuk meremote mikrotik ataupun server.( Contoh nama DNS yang disediakan mikrotik. com: 84564588gsdc.sn.mynetname. net)

Format penamaan domain yang di- generate bersumber pada serial number routerboard yang kita gunakan semacam[SN RouterBoard]. sn. mynetname. net.

Router hendak mengecek pergantian IP Public tiap waktu yang di tentukan serta melaksanakan pembaharuan IP ke IP Cloud server bila terdapat pergantian.

Request DDNS mikrotik gunakan protocol UDP port 39752. Yakinkan firewall mikrotik Kamu tidak memblock protokol serta port itu.


Cara Mengaktifkan IP Cloud MikroTik

Dengan winbox 

  • Masuk menu IP -> Cloud
  • Klik menu" IP"
  • Setelah itu seleksi" Cloud"
  • Centang" DDNS Enabled" buat mengaktifkan IP Cloud.

Set waktu mikrotik buat cek ulang IP Public di opsi" DDNS Pembaharuan Interval:" Contoh foto tiap 1 Jam hendak cek ulang, bila IP Public kamu berganti mikrotik hendak pembaharuan DDNS kamu dengan IP Public yang baru.( opsi ini terdapat di tipe ROS 6. 44. 1 keatas).


Centang" Pembaharuan Time" buat pengaturan otomatis waktu, jam bertepatan pada cocok zona mikrotik router Kamu.

" Public Address" yang dikenali oleh router dijaringan Kamu.

Pada kolom" DNS Name" merupakan nama domain yang dapat digunakan cocok serial number routerboard Kamu.

Data itu timbul sebab router Kamu di dasar router/ NAT, buat mengenali lebih lanjut dapat amati postingan aku di

Metode Setting Forwarding IP Public Indihome.

Telah terbuat lumayan gampang kan sama mikrotik?

Setting Custom Domain Buat IP Cloud Mikrotik

Bisa jadi timbul permasalahan lain bila kita memakai nama DNS yang diberikan oleh mikrotik," dan mengerikan sekali, nama domainnya sulit dihafalkan!"

Supaya nama DDNS nya lebih gampang di ingat, kita butuh agak bermodal dikit dengan membeli nama domain TLD. Bila kamu telah memiliki layanan hosting domain industri ataupun personal, kita dapat meningkatkan CNAME Record pada settingan DNS hosting kita. Misalnya kita hendak membagikan nama domain vpn. modalsemangat. com buat router kita.

IP Cloud Mikrotik Supaya Gampang Diingat

Setting Custom Domain Buat IP Cloud Mikrotik

Login ke cpanel hosting Kamu.

Cari menu" Sederhana DNS Zone Editor" pada bagian Domain.

Setelah itu tambahkan sub domain yang kamu mau.

Pada kolom CNAME isi dengan domain yang diberikan IP Cloud Mikrotik.

Apapun Domain/ Hosting panel Kamu, cuma butuh membuat CNAME Record di domain berbayar Kamu.

Saat ini kamu memiliki domain router mikrotik yang gampang di ingat(ddns.jawaracloud.net).