Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Cara Setting PPPoE Client di Wi-Fi Router TP Link dan Berbagai Merk

Cara Setting PPPoE Client di Wi-Fi Router - PPPoE (Point To Point Protocol Over Ethernet) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada Wide Area Network atau RT RW NET, maupun ISP. Protocol ini bekerja pada lapisan data link melalui koneksi ethernet, dapat beroperasi pada modus synchronous (dial-up) ataupun asynchronous dan ISDN, mendukung loadbalancing pada jaringan multi link, mendukung autentikasi PAP dan CHAP, mendukung unlimited transmission rate sangat sesuai untuk kebutuhan trafik data yang tinggi seperti streaming video, browsing dan game online.

Untuk mengkonfigurasi pppoe pada sisi client wifi, Anda dapat memasang perangkat wifi anda seperti topologi berikut ini:


Cara Setting PPPoE Client di Wi-Fi Router

Setting AP tuh bermacam-macam cara karena setiap merk/tipe menu nya berbeda, namun pada intinya sebenarnya sama saja.

Setting Pada AP 1
Buka browser anda, dan ketik ip address AP 1 pada kotak alamat / address bar di browser, dan Login. Pada menu Wireless pilih mode station / client, kemudian scan dan pilih nama sinyal pemancar (SSID). pada menu network : pilih bridge, ip address: static. setelah itu simpan.

Setting Pada AP 2
Sambung port WAN pada AP 2 kepada LAN AP 1, Sambung LAN pada AP 2 kepada LAN komputer dan mulailah setting, buka browser dan login pada AP 2, biasanya akan muncul status perangkat. Kemudian klik menu Quick Setup dan klik Next, pilih pppoe-client dan Next, masukkan username beserta password pppoe nya (baca juga cara membuat akun pppoe di server mikrotik). Selanjutnya Next, anda bisa sambil cek status di server anda apakah pppoe client berhasil login melalui AP 2, kalau sudah berhasil konek selanjutnya atur wireless AP 2, nama SSID, region, chanel dan keamanan wifi, bisanya WPA/WPA2 Personal dan isilah password wifi tersebut (bukan password pppoe nya ya gan, tapi password wifi itu sendiri untuk dipancarkan lagi). Lalu, tekan tombol Next. Reboot. Selesai

Berikut video cara setting pppoe pada AP 2

Cara Setting PPPoE Client di Wi-Fi Router TP Link dan Berbagai Merk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

3 komentar:

  1. Kalo untuk seting AP Utama nya (BTS) gimana mas, apa sama seperti setting hotspot...
    http://www.jawaracloud.net/2017/12/cara-setting-pppoe-server-di-mikrotik.html
    AP Utama (BTS) harus satu segmen dengan AP 1 (Client) kah? suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setting AP berbagai merk untuk hotspot yg benar pada sisi BTS/Pemancar adalah sebagai berikut :
      1. Network : Bridge
      2. IP address: Static, 192.168.100.2 (misalnya aja, pokoknya sesuai urutan ip address server hotspot, disini kita pakai ether3)
      3. DHCP Server: Disable
      4. Wireless Mode: Access Point, atau AP Bridge
      5. Security Wireless: Disable, atau None, Atau Open
      6. Beri Nama SSID
      7. simpan dan reboot AP, selesai!

      Hapus
  2. mas mau tanya, gimana cara mengatasi masalah pada setingan pppoe yg suka keluar, masuk mikrotik. kadang terbaca kadang tidak oleh mikrotik, sinyal bagus,,, makasih sebelumnya,,,

    BalasHapus

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.