Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1ads

Cara Menghapus Voucher Hotspot yang Expired di User Manager Mikrotik (Part 1)

Pada tutorial singkat ini saya akan membahas bagaimana cara menghapus / delete user or voucher hotspot yang sudah kadaluarsa di mikrotik userman. Loh.., kenapa mesti dihapus? kan sayang itu buat laporan / dokumentasi di koperasi rt rw net atau mini isp? hmmm... kalau memang masih diperlukan ya jangan dihapus lah gan :) walaupun sederhana bin simple.., tutorial ini sengaja saya tulis karena masih banyak kawan-kawan yang tanya via inbox di facebook dan whats app saya. Bagi kebanyakan penyedia layanan hotspot user kadaluarsa sudah rutin mereka menghapusnya karena (1) sudah tidak diperlukan lagi, (2) ukuran file database pada userman semakin membengkak dan lama-lama akan memenuhi storage pada routerboard utamanya buat anda pecinta Mikrotik RB750 yang mungil itu, (3) akses ke user manager semakin melambat jika storage hdd penuh sesak. Oleh karena itulah saya membahasnya disini.... :)


Berikut ini langkah-langkah Cara Menghapus Voucher Hotspot yang Expired di User Manager Mikrotik Part 1, nanti ada Part 2 nya, tenang aja gan :)


1. Buka Browser kesayangan anda, dan login ke userman (Missal : htttp://192.168.88.1/userman)
2. Pilih menu: Advanced Search (letaknya agak dibawah ya gan)
    Look for : users
    + : Total Time Left – is – equal to: isilah dengan 0s

3. Klik Search – Tandailah atau centang/centrang/contreng pada user yang yang akan di hapus
4. Pilih edit dan remove
Lihat screenshot dibawah ini!
cara delete expired hotspot user pada mikrotik-userman

Oke, Selesai gan, lakukan hal ini secara berkala jangan bosen-bosen gan kalau gak mau mikrotik agan lemot gegara file database userman membuat full hdd Mikrotik, eits... masih adalagi gan, kalau diatas itu kita lakukan secara manual, berikutnya saya akan bikin yang otomatis agar mikrotik yang menghapus sendiri bagi user yang masa aktif hotpsotnya habis.

Selanjutnya baca: Cara Menghapus Voucher Mikrotik Hotspot yang Expired Secara Otomatis