Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1ads

Cara Setting Ubiquiti UniFi AP LR Indoor (Ubuquiti)

Pengertian

UniFi AP Long Range adalah salahsatu brand keluaran dari Ubiquiti Network yang terkenal dengan kualitasnya, UniFi merupakan wireless access point indoor (radio dalam ruangan) yang di desain untuk bisa menampung banyak user dan memiliki sinyal kuat. Radio ini sangat cocok digunakan di jaringan SOHO (Small office / home office) seperti di gedung-gedung sekolah, universitas, pesantren, hotspot rumahan dan kos-kosan karena kemampuan tiap 1 unit alat ini bisa melayani Wi-Fi hingga 100 user lebih.

Perangkat UniFi tidak dapat diakses langsung dari browser seperti perangkat UBNT lainnya, untuk konfigurasi perangkat UNIFI kita harus menginstall aplikasi UNIFI Controller di desktop, melalui UniFi controller ini kita bisa lakukan setting pada perangkat UniFi, dan seperti perangkat UBNT lain nya untuk default username dan default passwordnya adalah ubnt, password ini diperlukan ketika kita akan melakukan konfig ke perangkat yang ingin kita setting menggunakan UniFi controller.

Apa itu UniFi Controller?

UniFi Controller adalah perangkat lunak (software) yang dibuat khusus untuk memudahkan pengaturan AP UniFi, dengan kata lain UniFi controller hanya bisa dipakai untuk setting perangkat UniFi.

Software UniFi Controller dapat anda download di website ubnt official berikut ini:

https://www.ubnt.com/download/unifi/

Pilih installer yang sesuai sistem operasi desktop yang anda gunakan. Anda dapat menggunakan Windows atau Linux untuk digunakan sebagai UniFi Controller Server, untuk lebih jelasnya silakan ikuti tutorial instalasi dan upgrade UniFi Controller untuk O.S Linux dan Window.

Cara Upgrade Ubiquiti UniFi Controller dan Update Firmware UniFi

Untuk melakukan upgrade Ubiquiti UniFi Controller anda tinggal download UniFi Controller versi terbaru / terakhir dari laman resminya, apabila UniFi Controller dalam keadaan terbuka maka close dahulu (tidak perlu uninstall) kemudian jalankan installer yang sudah anda download tadi dengan cara klik 2x, maka secara otomatis nanti dia akan terupgrade dengan sendirinya.

Update Firmware Ubiquiti UniFi Otomatis dengan Unifi Controller


Dengan menginstall UniFi Controller,kamu tidak perlu pusing mikir gimana cara update firmware perangkat unifi,karena versi firmware akan mengikuti versi dari UniFi controller yang kamu gunakan. Begitu proses adopt berjalan ,secara otomatis firmware perangkat yang di adopt akan diupgrade secara otomatis dengan firmware yang ada di UniFi controller mu.
Jadi gunakan/Update terus UniFi controllermu dengan versi paling baru.