Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1ads

Tutorial Mikrotik Dasar Lengkap

JawaraCloud.NET hari ini akan membagikan tutorial mikrotik dasar yang lengkap untuk pemula, Sebelum anda mempelajari lebih lanjut tentang routing, hotspot service, dhcp server, mangle, dan sebagainya, maka sebaiknya anda membaca artikel ini agar mempermudah anda dalam belajar konfigurasi mikrotik lanjutan serta bisa mengikuti / memahami artikel-artikel yang ada di web ini maupun di web tutorial mikrotik lainnya. Dan inilah dasar-dasar mikrotik yang harus anda ketahui lebih dulu:


Cara Menggunakan Winbox

Program untuk mengkonfigurasi / alat untuk mensetting mikrotik itu disebut winbox, penggunnaanya sangat mudah sehingga disarankan bagi pemula untuk pakai winbox jika ingin belajar mengkonfigurasi mikrotik.

Baca : Cara Menggunakan Winbox yg Lengkap Disertai Gambar

Cara Mengganti Nama Interface di Mikrotik RouterOS

Jika anda sudah bisa menggunakan winbox, selanjutnya kita belajar cara mengganti nama interface di mikrotik, caranya yaitu: klik menu interface pada winbox
cara mengganti nama interface mikrotik

kemudian akan tampil daftar nama interface yang ada dalam mikrotik routerOS, lalu pilih interface yang ingin anda ganti nama, setelah itu klik 2x
mengganti nama interface mikrotik

tampilan interface sebelun diganti nama
ganti nama interface mikrotik ether1

tampilan interface sesusah diganti nama
ganti nama interface mikrotik menjadi LAN1

kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan setting nama interface

Cara Setting IP Address di Mikrotik

Masih di menu utama winbox, untuk membuat ip address di mikrotik klik IP > Address

cara setting mikrotik rb450

kemudian klik + seperti yang saya beri kotak merah ini
cara setting mikrotik rb450

pada kolom address kita masukkan ip address yang kita inginkan, pada kolom interface kita pilih nama interface yang ingin diberikan ip address, lalu klik OK untuk menyimpan konfig.
setting ip address pada mikrotik

Nah... setelah anda mampu mengoprasikan winbox dan bisa setting ip address dari winbox, saya akan mengajak anda ke tutorial lanjutan di bawah ini.

Cara Setting Mikrotik Sebagai Gateway Internet

Jika anda berlanggakan internet misalnya indihome, astinet, biznet, first media, atau isp lainnya kemdian anda ingin membagi koneksi internet yang anda miliki utk dipakai bersama dalam satu kantor atau untuk anda sewakan di warnet, rt-rw net atau untuk hotspot, maka anda harus menjadikan Mikrotik RouterOS yang anda miliki menjadi gateway internet bagi client anda, caranya akan saya bagikan pada link url dibawah ini:

BACA : Cara Setting Mikrotik Sebagai Gateway