Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Mengatasi User Session Nyangkut di Mikrotik Hotspot

Mengatasi User Session Nyangkut di Mikrotik Hotspot, JawaraCloud.NET - Apabila ada client hotspot Anda tidak dapat login dan muncul pesan error "no more sessions are allowed for user" pada browser di client hotspot. Hal ini terjadi karena listrik di Mikrotik tiba-tiba mati, ketika listrik hidup dan mikrotik kita beroperasi lagi client tidak dapat login kembali karena user session nyangkut. Penyebab lain dari kejadian ini juga bisa disebabkan client ganti perangkat, atau bisa juga karena client ingin login di beberapa perangkat / client ingin login pada lebih dari 1 perangkat. Misalnya si client sudah login di HP masih ingin login lagi di hp/laptop yang lainnya dengan menggunakan 1 username (voucher).

Kenapa pesan error no more sessions are allowed for user $(username) ini bisa muncul di client?
Arti dari pesan error tersebut dapat kita ketahui bahwa : sudah tidak ada sesi lagi yang diberikan oleh server hotspot untuk username tersebut. Jadi disini ada username yang ingin dipakai oleh client sudah tidak punya kesempatan lagi yang diijinkan oleh Mikrotik Hotspot untuk digunakan user login, karena Mikrotik Hotspot Service menganggap username tersebut masih terdaftar di active sesion. Kejadian ini disebabkan oleh :

  • Konfigurasi shared user pada userman atau pada profile hotspot sengaja dibatasi untuk beberapa pengguna saja. Misalnya 1 username untuk 1 device, atau 1 username untuk dipake 20 device (device: hp / laptop). Namun di sisi client ada banyak peralatan yang ingin login dengan username dan password sama sudah melebihi jumlah shared user yang sudah kita tentukan. 
  • Konfigurasi shared user memang sengaja kita bikin 1, yaitu 1 username/password untuk 1 alat (1 orang), namun kemudian ada kejadian yang tidak kita inginkan seperti pemadaman listrik yang tiba-tiba / mendadak tak ada listrik pada sisi perangkat BTS (BTS yang saya maksudkan adalah pemancar WiFi Hotspot kita dan Mikrotik yg melayani Hotspot), dan sewaktu kita nyalakan ulang Mikrotik kita ternyata si Client/pelanggan hotspot active-session nyangkut (bhs.jawa: sesinya kecantol), alias session tidak clear saat mikrotik menyala kembali, sehingga pelanggan susah login.
Lalu, bagaimana cara mengatasi no more sessions are allowed for user.... pada hotspot mikrotik?
Masalah ini bisa diatasi dengan menghapus Active session user manager. Letak menu di halaman UsermanSession seperti gambar diatas, kemudian hapus aja tuh yang statusnya close.
tapi bagaimana kalau error seperti ini sering muncul, pastinya capek bin ribet kalau kita hapus secara manual, masak tiap hari login userman dan hapus sesion nyangkut :)
Solusinya : hapus otomatis mengunakan script, kemudian dijadwal secara berkala tiap 5 menit menggunakan scheduller.

Silakan masukkan Script berikut ini ke Menu Winbox dan klik System → Scripts 

# hapus> session closed
:local Timeout 60

#-------------------------
:local LastSessionUpdate;
:local SessionTimeout;
:foreach i in=[/tool user-manager session find where active=yes] do={

# When was the last Update of the session-informations
:set LastSessionUpdate [/tool user-manager session get $i till-time]

# SessionTimeout is a value that tells me how many seconds ago the last update of this session was
:set SessionTimeout ([system clock get time] - [:pick $LastSessionUpdate ([:find $LastSessionUpdate " "]+1) [:len $LastSessionUpdate]]-[/system clock get gmt-offset])

# if last update is more then Timeout seconds ago then close session and log it
:if ($SessionTimeout > $Timeout) do={
/tool user-manager session remove  numbers=$i
:log warning (" Removed false active session Username is  " . [/tool user-manager session get $i user]);
}
}

Setelah itu jalankan script tersebut menggunakan scrheduler

dengan begitu No More Sessions are Allowed for User pada Hotspot Mikrotik tidak muncul lagi, client bisa login dengan lancar. Masalah selesai!!!.

Cuplikan Artikel Selanjutnya: Bahwasannya manajemen user pada pada mikrotik hotspot ada dua cara: yaitu melalui menu Create local Hotspot Users yakni default dari winbox tanpa userman yang bisa kita akses melalui menu IP → Hotspot → pilih Tab Users dan Tab User Profiles. Silakan Baca kembali artikel saya sebelumnya Cara setting Hotspot di Mikrotik Lengkap yang ada di web ini.

Mengatasi User Session Nyangkut di Mikrotik Hotspot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.