Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik

Cara manajemen bandwidth di Mikrotik beda waktu beda kecepatan

Simple Queue adalah teknik manajemen bandwidth yang paling sederhana. Setting yang mudah dan hasil yang cukup tepat sasaran. Tetapi kadang kala kita sebagai admin jaringan mengharapkan management bandwidth custom yang fleksibel. Seumpama kita membatasi bandiwtdh menurut waktu. Kalau dibayangkan sepertinya ini membutuhkan konfigurasi yang rumit, tapi rupanya konfigurasi cukup simple saat kita praktikkan.
Bandwidth - Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik

Ada Kasus contohnya kita akan melakukan proses limitasi bandwidth dengan ketetapan sebagai berikut :


  1. Jam kerja 08:00 - 17:00 dengan jatah bandwidth 512Kbps.
  2. Sesudah jam kerja jatah bandwidth dinaikkan menjadi 1Mbps, 
  3. Untuk bonus karyawan lembur contohnya Sabtu  - Ahad dikasih bandwidth 2 Mbps.


Bagi kita yang jarang melihat fitur kecil ini mungkin amat berguna untuk keperluan diatas seakan-akan kita akan butuh scheduler. Akan tapi hakekatnya kita tak butuh fitur scheduler, ada parameter time didalam simple queue. Parameter ini diterapkan untuk mempertimbangkan kapan rule akan aktif. Untuk keperluan yang telah diceritakan diatas, karenanya kita dapat membikin konfigurasi seperti berikut.

jasa setting mikrotik murah

Pertama, buat rule untuk melaksanakan limitasi bandwidth pada jam kerja, dimana dialokasikan bandiwdth sebesar 512kbps, asumsikan contohnya ip address client yang akan dilimit yakni 192.168.230.254. Dibagian bawah jendela konfigurasi simple queue terdapat parameter Time. Disinilah kita mempertimbangkan kapan rule queue akan berjalan.

Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik
Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik pada jam Kerja

Selanjutnya sobat harus membuat rule untuk melaksanakan proses limitasi pada hari kerja, setelah jam kerja, artinya queue akan berjalan dari jam 17:00 petang hingga jam 08:00 pagi. Terbukti range waktu pada parameter simple queue tak dapat berjalan melalui pergantian hari, jadi tak dapat diisi dengan poin 17:00:01 - 07:59:59. Untuk menuntaskan hal hal yang demikian, kita dapat membikin dua queue. Queue yang berjalan dari jam 17:00 hingga tengah malam, dan queue dari tengah malam hingga pagi. berikut contoh konfigurasinya

Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik
Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik Pada Jam Lembur Sore
Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik
Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik Pada Jam Lembur Malam

Dan yang terakhir, kita buat queue untuk weekend dengan memilih alternatif hari sabtu dan ahad. Hasil akhir setting.
Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik
Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik Pada Han Weekend

Secara visual ada sebagian rule yang berwarna merah. Jangan cemas, bukan berarti rule hal yang demikian itu salah atau error, tapi sebab parameter time belum tercapai.

Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik

Jikalau kita coba konek ke internet pada jam 5 pagi, karenanya queue yang dikerjakan yakni queue lembur malam, dimana client akan menerima bandiwdth hingga 1 Mbps.

Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik

Pada contoh kasus implementasi diatas, kita memakai satu ip address client sebagai sasaran. Jikalau client yang dihandle cukup banyak, kita dapat kombinasikan parameter time dengan fitur PCQ.

Update:

Bagaimana jika IP Client Dinamis? Baca: Simple Queue Otomatis Berdasarkan Tabel ARP


Sumber : Mikrotik.co.id

Melimit Bandwidth Berdasarkan Waktu di Mikrotik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jawara Cloud

5 komentar:

  1. bagaimana kalau yang ip nya dinamis mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk client yg ip nya dinamis, akan saya buatkan artikelnya, saya update hari ini juga, mudah2an 1 jam lagi bisa saya publish :)

      Hapus
    2. Ditunggu artikelnya Master

      Hapus
  2. di tunggu buat ip dinamis gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek lagi gan, artikel sdh update, di halawan bagian bawah

      Hapus

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.