Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Cara Setting Aplikasi UNBK 2017 Lengkap [Solved]

www.jawaracloud.net - Cara menjalankan dan Setting Aplikasi UNBK 2017 [Solved] 100% WORK, tutorial ini ditujukan untuk Proctor dan Teknisi Sekolah pada Ujian UNBK Tahun 2017,
Berikut langkah-langkahnya:

UPDATE UNBK 2018


UPDATE 19-03-2017 (PATCH V4.2.0)


UPDATE 25-02-2017 [SIMULASI 2 & 3+ VHD] 

password: P4ssw0rd

UPDATE 24-01-2017


UPDATE 02-12-2016
  1. Ucapkan Bismillahirrohmanirrohim, agar semua aktifitas kita senantiasa diberkahi oleh Alloh SWT.
  2. Install virtual box (klik disni)
  3. Download file VHD Asli UBK 2017  (klik di sini)  | VHD Simulasi II pada Bulan Pebruari (Klik di sini)
  4. Pembuatan Mesin Virtual

  • Setting waktu server sesuai dengan waktu yang seharusnya. Contoh jika saat ini waktu adalah pukul 08.00 WIB tanggal 18 Januari 2016, maka pilih regional, GMT +7, dan waktu harus menunjukkan waktu pukul 08.00 WIB tanggal 18 Januari 2017. Hal ini agar tidak mengacaukan waktu yang ada di VM. b. Jalankan aplikasi VirtualBox untuk memulai pembuatan mesin virtual baru.
    Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Tampilan Virtual Box yang Masih Kosong

  • Tekan tombol "New" atau pilih menu Machine, kemudian item New untuk membuat guest machine baru. Shortcut Ctrl-N (tekan tombol fungsi kontrol bersamaan dengan menekan huruf N pada keyboard) juga dapat digunakan untuk pembuatan mesin virtual baru.
  • Selanjutnya muncul jendela pop-up Create Virtual Machine, yang berguna untuk label dan jenis serta versi sistem operasi guest (Windows 2012 (64 bit) yang akan diinstall seperti pada gambar di bawah ini:

    Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Window untuk Memberi Nama dan Memilih OS Virtual Machine
  • Pada isian Name, tulis nama sistem operasi guest yang akan diinstall, untuk UNBK, kolom Name diisi dengan format: [namasekolah]_Server[Nomor Server]. Pada kolom Type diisi dengan jenis operating system (OS) virtual machine, untuk UNBK menggunakan OS Microsoft Windows. Pada kolom Version, diisikan versi dari operating system, untuk UNBK menggunakan versi Windows Server 2012,64 bit, karena itu silahkan pilih Windows 2012 R2 (64bit). Jika semua sudah terisi, silahkan tekan tombol Next.
  • Apabila di kolom version tidak tersedia Windows versi 2012 (64 bit), maka:
    1. Pastikan bahwa Server lokal menggunakan mesin 64 bit.
    2. ika server lokal sudah menggunakan mesin 64 bit, silahkan aktifkan/enable Virtualization Technology (VTx/VTd).
    3. Untuk mengubah pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) silahkan masuk BIOS. Detil pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) tergantung pada jenis BIOS. Tetapi pada kebanyakan BIOS, pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) ada pada menu “security” dan sub menu “system security”.
    4. Untuk ilustrasi, perhatikan gambar di bawah ini:
      Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Langkah-langkah Mengaktifkan Virtualization Technology (VTx/VTd) di BIOS
  • Layar selanjutnya pengaturan jumlah memori yang akan dialokasikan untuk mesin virtual dalam satuan Megabyte. Silahkan lakukan perubahan alokasi memori semaksimal mungkin dengan cara mengambil alokasi memori ¾ dari alokasi memori warna hijau dan jangan sampai mencapai atau memasuki garis warna merah. Isian maksimal ditunjukkan oleh indikator warna hijau atau setengah dari total jumlah memori komputer yang tersedia, agar sistem operasi utama tidak menjadi terganggu. Jika alokasi memory sudah ditentukan, tekan tombol Next.
    Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Window Pengaturan Memory untuk Virtual Machine
  • Bagian selanjutnya adalah pengaturan media penyimpanan (hard disk) yang akan digunakan mesin virtual. Dalam pengaturan hard disk virtual, tersedia 3 pilihan yang dapat digunakan:
    1. Do not add a virtual hard drive
      Opsi ini digunakan untuk pengguna tingkat mahir, hard disk virtual akan dibuat dalam pengaturan terpisah setelah pembuatan mesin virtual selesai dilakukan.
    2. Create a virtual hard drive now
      Opsi ini digunakan untuk membuat hard disk virtual baru bersamaan dengan pembuatan mesin virtual.
    3. Use an existing virtual harddrive
      Gunakan opsi ini untuk memilih hard disk virtual yang sudah ada
    • Pilih opsi Use an existing virtual hard drive karena kita akan menggunakan virtual mesin yang sudah tersedia dengan mencari sumber file VM yang ada. Kemudian tekan tombol Create/buat, seperti dibawah ini:

      Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Window Pengaturan Hard Disk di Virtual Machine
    • Pada Window Virtual Box akan muncul nama virtual machine yang tadi kita buat.

      Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Tampilan Virtual Box yang telah dipasang VirtualMachine
    • Untuk masuk ke Windows Server 2012 R2 di virtual machine, cukup sampai pada posisi Lock Screen dan tidak perlu mengetikkan Tombol Ctrl+Alt+Del di Virtual Machine.

      Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL UNBK 2017: Mengetikkan Tombol Ctrl+Alt+Del di Virtual Machine
    • Tunggu sekitar ±10 Menit untuk memastikan Service – Service yang ada di dalamVirtual Machine berjalan.
  • Setting Jaringan Virtual Machine di Aplikasi UNBK 2017
    1. Sebagai persyaratan mutlak untuk UN-CBT, server lokal harus memiliki 2 NIC (Network Interface Card). NIC 1 digunakan untuk koneksi ke LAN (Local Area Network) / Lab Ujian, sementara NIC 2 digunakan untuk koneksi ke internet. Koneksi ke internet diperlukan untuk meminta token dari server pusat dan mengupload hasil ujian peserta ke server pusat.
    2. Oleh karena itu, 2 NIC harus diaktifkan di virtual machine dengan mensetting adapter di virtual machine. Untuk mensetting adapter, bisa melalui menu mesin/machine pengaturan/settings. Setting jaringan dilakukan dalam kondisi VM “UNBK” off. berikut ini tampilan setting jaringan di Virtual Box:
    3. Pilih jaringan di menu sebelah kiri, pilih Adapter 1, selanjutnya pilih Attached to/Terpasang pada Bridge Adapter, pilih nama adapter NIC yang terhubung ke LAB/Client Kemudian Pilih  Advanced/Tingkat lanjutan gunakan default virtual box.
    4. Pilih jaringan di menu sebelah kiri, pilih Adapter 2, selanjutnya pilih Attached to/Terpasang pada NAT, Kemudian Pilih  Advanced/Tingkat lanjutan gunakan default virtual box.
    5. Pilih jaringan di menu sebelah kiri, pilih Adapter 3, selanjutnya pilih Attached to/Terpasang pada Host Only Adapter, Kemudian Pilih  Advanced/Tingkat lanjutan gunakan default virtual box.
    Jika Sudah disetting dengan benar..  maka tampilan CBTSync dan Exam Browser Admin akan tampak seperti gambar di bawah ini
    Cara Setting Aplikasi UNBK 2017 Lengkap [Solved]
    Masukkan Id Server Kemudian Tekan Submit, Perhatikan Gambar di bawah ini
    Cara Setting Aplikasi UNBK 2017 Lengkap [Solved]
    Tampilan Dashboard APlikasi UNBK 2017
    Cara Setting Aplikasi UNBK 2017 Lengkap [Solved]
    Pada Settingan No. 4 Tersebut berbeda dengan Panduan yang ada di Manual Book UNBK 2017, Namun begitulah kenyataannya, settingan yang tepat menggunakan langkah-langkah di atas.. mohon sarannya jika ada solusi lain.. terima kasih
    kemudian ulangi seperti langkah di atas (Panduang Reset CBT Tools, Patching & Sinkronisasi) Keterangan : Jika UNBK Starter sudah titik tetapi SN Belum muncul klik F5 pada halaman ExambroCBTSync. 
    UPDATE TERBARU 21-11-2016
    1. Perubahan konfigurasi VirtualBox dari 3 adpter menjadi 2 adapter, jadi pada tutorial diatas adapter 3 tidak usah diisi (hilangkan centang pada Enable network adapter) 
    2. Unduh File ExamBrowserCBTSync_161120.zip yang terdapat di menu data pendukung halaman web UNBK. 
    3. Jalankan VHD hingga tampilan idle windows (tanpa harus masuk ke windowsnya) dan tunggu 3 menit. 
    4. Klik kanan lalu Run As Administrator pada file ExamBrowserAdmin. 
    5. Saat menjalankan ExambrowserAdmin maka unbk starter akan otomatis ikut berjalan. 
    6. Lakukan  RESET CBTTools dan PATCHING. 
    UPDATE TERBARU 22-11-2016 (SIMULASI 1) Panduang Reset CBT Tools, Patching & Sinkronisasi
    1. Silakan mengunduh file sim1.V3.0.zip yang terdapat di menu data pendukung di halaman web UNBK. 
    2. Lakukan extract file sim1.V3.0.zip hasilnya berupa 2 file yaitu cbtToolsUpdate.zip dan source.patch.v0.5-vhd2017.zip 
    3. Gunakan file cbtToolsUpdate.zip untuk melakukan reset CBT Tools, dengan langkah sebagai berikut : 3a.Jalankan VHD hingga tampilan idle windows (tanpa harus masuk ke windowsnya) 3b.Extract file cbtToolsUpdate.zip , lalu jalankan file ResetPatchingTools.exe dengan klik kanan lalu RUN as Administrator 3c.Klik Tombol "Submit" hingga keluar "CBT Tools Update Berhasil" 
    4. Lakukan Patching dengan langkah sebagai berikut : 4a.Jalankan Exambrowser Admin 4b. Klik "Akses CBT Tools" yang ada di bawah ID Server 4c. Klik "Select Files" lalu pilih file pada folder "../02.Patching/source.patch.v0.5-vhd2017.zip" (TIDAK PERLU DI EXTRACT !!!!) 4d. Klik tombol "Upload" hingga muncul popup "Upload Berhasil" 4e. Jika berhasil, Klik tombol "Submit". Tunggu hingga tampil Popup "Patching Berhasil" Lalu tutup ExambroCBTSync Admin 4f. Restart VM. 
    5. Jalankan ExambroCBTSync Admin dan pastikan sudah menjadi V3.0 2017 
    6. Masukan ID Server lalu klik submit Status menjadi "Standby" dengan keterangan "ID Server SN sudah terdaftar Akses Ke Server Pusat ditutup" silahkan menunggu jadwal Sinkronisasi 
    7. Apabila Status menjadi "Aktif" dengan keterangan "CBTSync Siap Digunakan" maka silakan lakukan proses "Backup & Hapus" sebelum melakukan langkah sinkronisasi, dengan langkah sebagai berikut: 7a. Masuk ke Menu "Backup & Hapus" lalu lakukan backup database lalu lakukan PROSES HAPUS 7b. Log Out dan Login kembali ExambrowserCBTSync setelah proses Hapus berhasil 
    8. Klik Tombol Submit, apabila Status Sudah "Aktif" Lakukan Langkah Sinkronisasi dengan langkah sebagai berikut : 8a.Masuk ke Menu "Status Download" klik tombol refresh status 8b.Klik Tombol "StartSYNC" 8c.Silakan menunggu sampai data 9 selesai dan klik tombol "logout" 
    9. Silahkan Cek Peserta pada Menu Daftar Peserta 
    UPDATE TERBARU 02-12-2016 (PATCH V.3.1.1) 
    Download Simulasi V3.1.1.zip di Beranda sebelah kanan pada situs ubk.kemdikbud.go.id atau pada link di bawah ini
    UPDATE TERBARU 19-03-2017 (PATCH V4.2.0)
    SIMULASI 3 SMPPosko UBK -- 19-03-2017 23:18:38
    Pilihan Mapel untuk Simulasi 3 SMP Hari Pertama :
    Simulasi 3 SMP 2017 - 1 ( Bahasa Indonesia )


    Berikut cara meng-Aktifkan Token untuk Simulasi 3 SMP 2017 :
    1. Pastikan Status di Dashboard AKTIF.
    2. Pilih Menu Status Test.
    3. Pilih Daftar Test ( SIMULASI 3 SMP 2017 - 1 ).
    4. Kelompok Test tetap nomor 1.
    5. Klik Simpan semua dan tunggu sampai Muncul TOKEN.


    Ket : Token di buka pukul 7:30 AM waktu setempat
    UJIAN NASIONAL PERBAIKANPuspendik -- 17-03-2017 16:54:19
    1. Ujian Nasional Perbaikan akan diselenggarakan pada tanggal 18-20 April 2017, dengan berbasis Komputer.
    2. Dimohon Panitia UN Provinsi menunjukan sekolah/madrasah tempat pelaksanaan UNP di masing2 Kota/Kabupaten yang ada UNBK nya..
    Nantikan Tutorial Selanjutnya mengenai, Singkronisasi Data Ujian dan Pengenalan Fitur-fitur Aplikasi UNBK 2017 Lainnya Semoga hari-hari kita senantiasa mendapat curahan cahaya kasih sayangnya Alloh SWT. Aamiin
     SALAM PROKTOR Saiful Arif, S.Kom dkk :)
     Artikel terkait

Cara Setting Aplikasi UNBK 2017 Lengkap [Solved] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jawara Cloud

111 komentar:

  1. terimaksih tutorialnya sangat membantu saya sebagai proktor baru, saya pada intalasi exambro pada klien tidak berhasil muncul kata-kata "registrasi nomor ip 192.168.0.x tidak berhasil, silahkan ulangi lagi, mohon solusinya, sebelumnya terimaksh banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aktifkan terlebih dahulu cbt sync yg di servernya gan. lalu yg client coba run kembali :)

      Hapus
    2. kalo masih ga bisa gimana mas, padahal exam versi terbaru, ping ke server pun bisa, udah coba di ganti ip lain yg masih kosong pun masi tidak bisa, mohon pencerahannya

      Hapus
  2. ip client harus 1 network dengan ip server, range ip client antara (192.168.0.1 -192.168.0.253) selain ip 192.168.0.200 dan ip fisik pc server

    BalasHapus
  3. saya juga punya permasalahan instalasi exambro pada klien tidak berhasil, muncul kata-kata "registrasi nomor ip 192.168.0.x tidak berhasil, padahal ip udah tak isi 192.168.0.xxx, dan exambrowser sudah tak ganti yg versi baru,yg saya unduh di web unbk, google chrome juga sudah versi baru.

    BalasHapus
  4. terimakasih artikelnya, permasalahan saya sekarang gimana biar tampilannya mucul standby, tampilan sekarang masih offline tidak terhubung ke server pusat

    BalasHapus
  5. coba ping ke ip 192.168.0.200.. jika tidak berhasil cobak cek jaringannya

    BalasHapus
  6. iya, sebagian memang status masih online.. nunggung jadwal singkronisasi.. server pusat masih mati.

    BalasHapus
  7. jika ping ke ip 192.168.0.200 berhasil maka gunakan Exambrowser yang versi terbaru (saat ini ExamBrowserCBTSync_161120)

    BalasHapus
  8. terimakasih tutorialnya, ping 192.168.0.200 masih memang masih rto terus apa ya pak?

    BalasHapus
  9. @Mas Ridwan.. ip client harus 1 network dengan ip server, range ip client antara (192.168.0.1 -192.168.0.253) SELAIN ip Server di VM (192.168.0.200) dan ip fisik pc server (192.168.0.199).. dan pastikan untuk setting di Virtual box, untuk Adapter 1 = Bridge ke Lancard menuju Klient(lab) dan Adapter 2 = NAT

    BalasHapus
  10. artikelnya membantu sekali terima kasih :)

    BalasHapus
  11. untuk mendapatkan file VHD dimana y?? apakah ada yang bisa bantu, tks

    BalasHapus
  12. @Mitra Tea, silahkan download di link berikut ini :
    https://drive.google.com/drive/folders/0B0ZLRVDEbiDdckpQRS1EbU52SnM?usp=sharing

    BalasHapus
  13. kenapa di ubk.kemendikbud.go.id tidak disertakan file VHD, apa harus download di situs lain

    BalasHapus
  14. Terimakasih min atas share tulisannya. Semoga berkah

    Shela

    BalasHapus
  15. silahkan download di sini pak,
    https://drive.google.com/drive/folders/0B0ZLRVDEbiDdckpQRS1EbU52SnM?usp=sharing

    Untuk file VHD tersebut sudah ditutup server yang dari pusat. file yang saya share ini asli dari pusat, belum pernah digunakan sama sekali

    BalasHapus
  16. password extract apa gan....???

    BalasHapus
  17. @Basri Baz, monggo dicoba P4ssw0rd, jika masih belum bisa silahkan tinggalkan komentar :) afwan

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. apakah file dalam https://drive.google.com/drive/folders/0B0ZLRVDEbiDdckpQRS1EbU52SnM
    di download semua gan,....

    BalasHapus
  20. iya.. karena di situ ada beberapa file pendukung lainnya.. jika ada yg kurang dimengerti silahkan tinggalkan komentar.. nanti kami bantu

    BalasHapus
  21. min mau tanya, file vhd sudah masuk virtual dan masuk win. kalau untuk masuk win tersebut pswdnya apa ya? trims

    BalasHapus
  22. Passwordnya tidak diberikan dan tidak perlu login :)

    BalasHapus
  23. Maturnwun. sangat membantu. salam dr Alan Kebumen

    BalasHapus
  24. Klo install server unbk bisa gak ya di OS Ubuntu Server.
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  25. Jika hanya sekedar install bisa menggunakan vbox versi linux . karena cbtsync nya belum disediakan yg versi linux.. insya alloh akan kami ujicoba dan segera kami share hasilnya.. semoga hari2 anda senantiasa mendapat curahan cahaya kasih sayang alloh swt

    BalasHapus
  26. Terima makasih pak informasinya.

    BalasHapus
  27. maaf pa tanya saya pas di virtualbox ga ada pilihan windows 2012 ? g mn yah pa mohon pencerahan ?

    BalasHapus
  28. assalamu'alaikum wr.wb. kami baru akan melaksanakan unbk tahun ini, yang mau di tanyakan jaringan LAN yang di gunakan bisa enda kalo nir kabel?.

    BalasHapus
  29. @faris, Silahkan download virtual box versi terbaru di http://download.virtualbox.org/virtualbox/5.1.12/VirtualBox-5.1.12-112440-Win.exe

    BalasHapus
  30. @asep, wa'alaikumussalam wr. wb.. bisa asal 1 network dg ip server.. tapi tidak disarankan, kuwatir tidak stabil :), silahkan dicoba pada saat simulasi ke2 wahai saudaraku.. agar lebih manteb lagi..

    BalasHapus
  31. Setahu saya virtualbox ubuntu belum bisa untuk membuat virtual machine yang 64 bit, kalo sudah ada saya yakin sih bisa aja. selama ini saya juga menjalankan virtualbox windows 7 di puppy linux turunannya ubuntu

    BalasHapus
  32. mau tanya dong min, ip fisik pc server apa harus 192.168.0.199 ya ?
    kalau di ganti yang lain bisa ga ?

    BalasHapus
  33. Eh salah ternyata virtualbox linux bisa 64 bit, kalo sudah dienable VT nya di bios :D

    BalasHapus
  34. Mau tanya nih kita kan belum terdaftar di unbk, tapi kemungkinan tahun depan, apa bisa kita gunakan untuk simulasi saja

    BalasHapus
  35. @ahmad sulaiman, bisa diganti asal tidak ada konflik IP address baik dengan server VM nya maupun dgn pc clien/siswa

    BalasHapus
  36. min ..
    password untuk login ke proktor tidak bisa klo pke password unbk yg 2016 ..

    BalasHapus
  37. mas password file vhd apa ya mas....p4ssw0rd ko g bs mas

    BalasHapus
  38. P4ssw0rd (huruf P menggunakan kapital/huruf besar)

    BalasHapus
  39. asslkum, mw nanya, bisa tidak koneksi singkron data pakai modem 3g/4g, misal modem bolt, jadi cm pke 1 lan card utk lokal, via usb modem ambil n upload hasil unbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa singkron pakai 3g/4g/modem MiFi namun lancard harus 2 port, jadi modem 3g/4g harus dihubungkan ke router dulu, dari router hubungkan ke LAN2 server unbk, LAN1 server unbk ke switch/hub yg terhubung ke client

      Hapus
  40. Thanks Pak Passnya masih work kayaknya

    BalasHapus
  41. Thanks Pak Passnya masih work kayaknya

    BalasHapus
  42. Terima kasih tutorial yang diberikan,
    Ada sedikit permasalahan instalasi di OS Win Server 2016
    instalasi VM sudah berhasil, seting bridge dan NAT sudah sesuai petunjuk, begitu jalankan ExambrowserAdmin server tidak ditemukan.
    Apakah musti melakukan patching terlebih dahulu?
    Mohon info link ExamBrowserCBTSync_161129.zip dan yang terupdate, sebab di http://ubk.kemdikbud.go.id/ belum tersedia

    Terima kasih

    BalasHapus
  43. terima kasih sangat membantu sekali

    BalasHapus
  44. file VHD nya gak ada bos

    BalasHapus
  45. Gan kalau server dicoba untuk demo menjawab soal bisa nggak ya? trim

    BalasHapus
  46. Itu yang versi online ya?
    jika untuk simulasi sekaligus untuk jawab soal bisakah?

    email ya raysdenni@gmail.com

    BalasHapus
  47. MENGAPAA LISENSI CBTNYA VALID APAKAH FILE VHDNYA TDK DAPAT DIGUNAKAN LAGI ATAU BAGAIMANA
    MOHON PENCERAHAN MIN

    BalasHapus
  48. salam,file .vhd yg sudah terdownload ada 8 bagian, 7 diantaranya sama kapasitas, ketika disktrak kapasitasnya pun sama. file .vhd yang lainnya fungsinya apa yach ??? mohon penecerahan... makasih

    BalasHapus
  49. Mau tanya pak.. Untuk yang simulasi II tanggal 13-14 Februari besok sudah ada belum pak. mohon pencerahanya. Terima Kasih.

    Salam dari SMK Bhima Sakti Way Jepara....

    BalasHapus
  50. Password Administrator dan Proktor apa pak

    BalasHapus
  51. mas Rudi Hartono : untuk vhd simulasi tanggal 13-14 Februari bisa didonwload bsok hari senin tanggal 6 februari 2017 pukul 09.00

    BalasHapus
  52. untuk file XAMBROW terbaru download dmna ya?

    BalasHapus
  53. Pak Admin, kalau menggunakan windows 7 sebagai server bisa gak ? Mohon bimbingannya

    BalasHapus
  54. Bismillah, setting sudah sesuai dengan manual unbk, sudah dapat membuka halaman cbtsync juga, tetapi keterangan VM Tidak terkoneksi internet. padahal bisa ping ke xx.0.200 dan pc bisa browsing & ping ke google juga. kenapa ya?

    BalasHapus
  55. Dipastikan setting adapter pada virtualbox adapter 1 = Bridge, Adapter 2 = Nat, jika sudah tekan F5 di Dashboard UNBK pada browser, Simak tutorial terbaru untuk simulasi 2 di sini http://www.jawaracloud.net/2017/02/cara-menjalankan-aplikasi-exambro-cbtsync-terbaru.html

    BalasHapus
  56. Selamat Siang min untuk login Windows Server 2012 r2 username Administrator Passwordnya apa yah .? tidak bisa-bisa login . makasih min .sebelumnya .?

    BalasHapus
  57. @Rifqirachel: password windows VM tidak diberikan oleh Puspendik mas

    BalasHapus
  58. ko gak bisa mas yg pake P4ssw0rd ?

    BalasHapus
  59. password rar P4ssw0rd, untuk Vm tidak perlu login

    BalasHapus
  60. Kalo pake modem wireless yang langsung ke PC apa masih perlu LANcard kedua atau Router? mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  61. Aslm. Kami sudah berhasil sinkronisasi bbrp hari yang lalu. Tapi hari ini, ketika saya mau coba jalankan servernya, g mau dia.
    Muncul sprt ini pada saat mau buka exambrowserny,
    "VHD ini telah mengalami proses Shutdown tidak normal. Silahkan mengganti VHD"

    terus secara sendirinya juga muncul ini "VM has exited, process stoped."


    setelah itu muncul peringatan eror pada virtualbox nya bahwa session VM gagal dibuka.

    Klu seperti ini, bagaimana solusinya pak?

    BalasHapus
  62. Lapor gan, hasil extract file Prerequisites UNBK 2017_Simulasi2_2.rar ada 2 file terdeteksi virus VIRUT (auto scan Avast)

    BalasHapus
  63. tolong kasih tau permasalah registrasi ip 192.168.0.x tidakberhasil.silahkan diulang kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. registrasi IP gagal disebabkan :
      1. jaringan terputus ke server
      2. ada ip address kembar dalm satu network (conflict ip address)

      solusi: Periksa kabel dan konektor RJ45, cek semua ip address dan pastikan tidak ada ip yang sama dalam 1 jaringan. pastikan bisa ping ke server

      Hapus
  64. tanya gan,klo sya langsung install win server 2012 r2 bisa jalan APlikasi UNBK 2017 ini?tanpa virtual gan??

    BalasHapus
  65. coba cabut kabel lan dan colokin lagi pak

    BalasHapus
  66. gan saya febran dari perusahaan isp mau tanya kalau server unbk kita pake 2 server ingin keduanya berjalan bersamaan apakah bisa dan untuk stting ipnya bagai mana
    karena beberapa user kita ada yang troubel masalahnya seperti itu setelah kita menggunakan 2 server dan di jalan kan secara bersamaan mmalah ktidak konek ke server dan terus waiting terimakasih mohon pencerahannya

    BalasHapus
  67. mas minta link untuk download ExamBrowserCBTSync_161129.zip nya dong
    untuk win server yang di Virtual Box tidak perlu login ya mas ?,cukup idle di sign in saja ?

    BalasHapus
  68. Mau Tanya Pak...
    Kalo Client UNBK bisa tidak menggunakan Ncomputing (bukan laptop atau PC)..
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai pakai Ncomputing, dan bisa pakai diskless di client

      Hapus
  69. Kepada
    Yth Admin Jawara Cloud

    Mohon pencerahan kl setting VM dengan MIFI gmn ya utk UBK 2017
    soalnya di sekolah saya blm ada jaringan LAN

    BalasHapus
  70. Salam,
    Virtual Server Sudah berjalan dengan baik, dan setingan untuk IP sudah di set sesuai dengan petunjuk, tetapi ExamBroserAdmin, selalu menunujukkan error:

    07:26:32 > VM Check > Checking.
    07:26:53 > VM Check > Waiting VHD Services Ready.

    Di Hidupin semalam sampe pagi tetap aja ga bisa berjalan, Mohon petunjuk,,

    Terimakasih,
    H4x0R

    BalasHapus
  71. cek setting adapter di virtual.. pastikan adapter1 menuju hub client
    pastikan lan menuju hub client nyala(terkoneksi)
    pastikan ip lan menuju hub client 192.168.0.xxx (saya sarankan 192.168.0.199) dan jangan gunakan ip ini untuk pc client

    BalasHapus
  72. Salam JaWara Cloud,

    Aku udah ngikuti petunjuk ini,,,
    https://4.bp.blogspot.com/-VG2AoyBTerE/WJvap03XEEI/AAAAAAAAAck/hP7UaY_vxcQB_-WirfEl9P7nPlEF1am-QCLcB/s1600/setting%2Badapter%2Bvirtual%2Bbox.png

    Cuman masih tetap ga bisa, mohon petunjuk,

    Terimakasih,
    P4pua

    BalasHapus
  73. udah ngikuti petunjuk, tapi tetap Checking VHD terus. ada solusi?

    BalasHapus
  74. min, stelah di RUN di Exambronya, bisa jalan tapi login screennya gk mau muncul, solusinya gimana min, atau kawan yang lain, mohon masukan..

    BalasHapus
  75. min solusi registerasi ip tidak berhasil di exambrowser client gimana ya? mohohn solusinya bagi yang tau

    BalasHapus
  76. bisa inbox di sini https://www.facebook.com/jawaracloud, nanti kami bantu remote dari sini

    BalasHapus
  77. met malam pak..kalau sinkron macet selama 3 jam lebih dgn kecepatan upload 1,5 mega dan download 5 mega (telkom indihome) tapi gak ada tulisan macet/error...apa boleh logut lalu sinkron lagi..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon dibalas lewat akun facebook nya jawara cloud...saya udah joint ke halamannya...

      Hapus
    2. macet sinkronisasi disebabkan beberapa faktor:
      1. masa koneksi/sesi server anda habis (pengaturan di pusat, solusi konfirmasi ke tim teknis pusat)
      2. Gagak terhubung ke server pusat karena Lan1 harus terhubung ke hub, Lan2 harus terhubung ke internet

      Hapus
  78. Salam, bagaimana cara merubah username server ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. name server di mananya? name di virtualbox?

      Hapus
  79. link download exambrowser client tidak ketemu, mohon bantuanya

    BalasHapus
  80. bedanya unbk sama unbk simulasi apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. unbk = ujian yg sebenarnya,
      unbk simulasi = latihan

      Hapus
  81. ini password rar nya apa mas

    BalasHapus
  82. VHD part 8 nya error ya ketika di extrac knapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. progress download tidak sempurna, ulangi downlaod part tersebut

      Hapus
  83. Salam, Mau nanya untuk windows 10 bisa ga digunakan sebagai server?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas, gunakan virtual box yang support dengan windows agan

      Hapus
  84. windows Xp apa bisa buat client caranya bagaimana settingnya

    BalasHapus
  85. mohon ilmunya bagaimana cara backup data setelah sinkron..

    BalasHapus

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.