Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Penjelasan Layer7 Protocol di Mikrotik

Layer7-Protocol adalah metode pencarian pola terhadap paket data yang melewati jalur ICMP,TCP dan UDP.

L7 matcher mengumpulkan 10 paket pertama dari koneksi atau 2KB koneksi pertama dan mencari pola data yang dikumpulkan. Jika pola ini tidak ditemukan dalam data yang dikumpulkan, matcher berhenti memeriksa lebih lanjut. memori yang dialokasikan dibebaskan dan protokol dianggap sebagai tidak dikenal . Anda harus mempertimbangkan bahwa banyak koneksi secara signifikan akan meningkatkan penggunaan resource CPU dan memory . Untuk menghindari hal ini, tambahkan matchers firewall yang teratur untuk mengurangi jumlah data yang dikirimkan ke filter Layer-7 secara berulang-ulang.

Persyaratan tambahan adalah bahwa Layer7 matcher harus melihat kedua arah lalu lintas (incoming dan outgoing). Untuk memenuhi persyaratan ini aturan L7 harus disetting pada chain Forward. Jika rule di set pada Chain input/output maka rule yang sama juga harus diset pada Chain output/postrouting, apabila data yang dikumpulkan mungkin tidak lengkap maka pola pencocokan akan salah.

Menu Layer7-Protocol

IP ► Firewall ► Layer7 Protocol

Contoh penggunaan L7 

/ip firewall layer7-protocol 

add name=youtube regexp="(GET \\/videoplayback\\\?|GET \\/crossdomain\\.xml)"

ini akan menangkap aliran data terhadap content video straeming seperti youtube, namun rule ini tidak akan cocok lagi bila user login ke situs https dan http terinkripsi.
get /.*(user-agent: mozilla/4.0|range: bytes=)
itu contoh regexp untuk IDM

Selanjutnya baca:

Cara setting Mikrotik 1 Modem Indihome, Astinet, First Media, BizNET, dan lain-lain.
Cara Setting Hotspot di Mikrotik
Cara Setting Userman untuk Hotspot
Cara Setting Mikrotik untuk Warnet Game dan Browsing
Data Terbaru Port Game Online Indonesia
Cara Menggunakan Winbox Mikrotik

Penjelasan Layer7 Protocol di Mikrotik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.