Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1ads

Cara Menangkal Virus Ransomware WannaCry di Mikrotik

Serangan Ransomware mendadak menjadi heboh di Indonesia walaupun sebenernya virus ini sudah lama ada. Virus Wanna Cry Ransomware mulai menginfeksi sejumlah komputer di beberapa negara di dunia mulai hari Jumat kemarin. Sekitar 99 negara termasuk Indonesia dikabarkan telah terinfeksi Ransomware Wanna Cry, seperti dilansir dari BBC (13 Mei 20017).
cara memblokir virus menggunakan mikrotik


RANSOMWARE
Sejumlah 99 negara yang terinfeksi menerima dampak paling parah di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Italia, Tiongkok, Rusia, Taiwan dan Ukraina.

APA ITU RANSOMWARE?
Ransomware artinya perangkat perusak yang mengenkripsi file di komputer dan seluler yang terinfeksi. virus ini mengunci komputer dan mencegah user membuka file yang umumnya berupa dokumen dan gambar hingga penebusan dilakukan.

Virus Ransomware ini memasuki komputer ketika pengguna membuka tautan pada lampiran email dari pesan yang berbaya, dikenal sebagai email phishing, pesan acapkali dikirim dari akun email anonim yang disamarkan. tujuannya, agar terlihat mirip seperti situs official maupun komunitas yang dikenal atau sanggup menerima 'amanah'. Selain melalui email, bahaya bisa juga datang dari software gratisan yang diunduh dari situs publisher yang berasal dari entitas tak dikenal, Maka..., berhati-hatilah Anda sebaiknya jangan asal download dan install software enggak jelas fungsi dan asal pembuatnya.


LOCK SCREEN
User mungkin tidak langsung menyadari bahwa komputer sebenarnya telah terinfeksi. Ada sebagian jenis ransomware menunjukkan “Lock Screen” yang memberitahukan pada user bahwa file mereka telah dienkripsi secara diam-diam tanpa sepengetahuannya. Lock Screen tersebut memberitahukan user cara membuka file yang terinfeksi dengan menebus pembayaran 'kunci' enkrisinya

Namun demikan, Kepolisian dan Dinas Infokom menyarankan agar tidak membayarkan tebusan karena hal itu akan mendorong hacker kriminal semakin bersemangat menciptakan virus yang lebih berbahaya untuk mendapatkan uang. Ditegaskan pula bahwa tidak ada jaminan setelah Anda membayar tebusan bahwa akses ke file Anda akan dipulihkan sepenuhnya.

Maka dari itu, berhati-hatilah sebelum mengklik url/link yang ada di dalam email dari sumber yang tidak diketahui. Anda juga harus menginstal windows securities update pada komputer dan membuat backup file jika sewaktu-waktu terjadi serangan maka Anda masih memiliki file anda yang masih bersih dari virus.

WANNA CRYPT
Serangan pada hari Jumat kemarin menargetkan ke sejumlah komputer terpasang sistem operasi Windows. Waow!!! kenapa yang di serang hanya komputer yang berbasis Windows??? Apakah karena sistem operasi Windows ada banayak celah-celah yang mudah dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk mengelabuhi pengguna Windows? Microsoft mengatakan bahwa mereka telah merilis update Windows untuk melindungi pengguna terhadap bahaya dari serangan virus ini. Namun ternyata, tidak semua orang bisa memasangnya.

RANSOMWARE INDONESIA
Sistem Informasi dan komputerisasi yang ada pada Dua Rumah Sakit di Jakarta telah terkena serangan virus Wanna Cry. Diantaranya adalah RS Dharmais dan RS Harapan Kita.

CARA MENANGKAL
Jika Anda seorang Admistrator Jaringan Komputer di sebuah perusahaan, Anda dapat melakukakan pencegahan agar virus ini tidak menjangkit di lingkungan kerja Anda. Dan ini adalah script Cara Menangkal Virus Ransomware WannaCry di Mikrotik:

#############
# Drop WannaCrypt
# Jasa setting Mikrotik Se-Indonesia
# Purwanto 082233483221
/ip firewall filter
add action=drop chain=input disabled=no dst-port=139,445,3389 protocol=tcp

add action=drop chain=input disabled=no dst-port=67,135-139,445,520,3389,20004,7533,5678,20561 protocol=udp

add action=drop chain=forward disabled=no dst-port=135-139,445,3389 protocol=udp

add action=drop chain=forward disabled=no dst-port=139,445,3389 protocol=tcp

#############

Script diatas di copy-paste ke dalam terminal mikrotik, caranya gini:
1. copy code diatas
2. buka winbox
3. klik new terminal
4. tunggu sampai terminal ready
5. paste kode diatas pada layar terminal
6. selesai


UPDATE:

biar scriptnya gak kepotong, caranya: copas mulai baris awal # Drop WannaCrypt sampai KALIMAT BAWAHNYA script hingga point 1-6, taro di notepad, nah dari notepad baru ambil script nya aja ke terminal winbox. Done!
Salam, semoga bermanfaat :)

Anda Sudah terserang virus WannaCry? Baca di sini cara Membuka file yang terkena Virus WannaCry 

Virus ransomeware menyerang melalui jaringan komputer, Apa itu Jaringan Komputer? baca Pengertian Jaringan Komputer