Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1ads

Membangun RtRw-Net dengan Biaya Minim

Seringkali saya mendapat pertanyaan tentang bangaimana cara membangun usaha hotspot atau jaringan Rt-Rw NET dengan modal kecil dan seperti apa peluang bisnis wifi sistem voucher serta alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat hotspot / Rt-Rw NET?

Apabila kita jeli dalam mengamati situasi saat ini, perkembangan internet begitu cepat, tentu kebutuhan internet setiap orang semakin meningkat, baik untuk sekedar bersosial media, bermain game online, belajar, ujian online, membaca makalah/ebook dari intenet, hingga menjual barang melalui internet. Menurut saya ini adalah peluang bisnis yang dapat kita ambil dengan cara membangun jaringan wifi atau hotspot berbayar. Banyak orang beranggapan bahwa bisnis ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang ahli dibidang komputer atau sarjana komputer, padahal orang awam sekalipun bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah asal kita mau sedikit berusaha untuk memahami cara kerja jaringan wifi secara sederhana.

Cara kerja bisnis wifi sangat sederhana kawan, anda berlangganan internet dari telkom misalnya 10Mbps Indihome / speedy, kemudian anda buat pemancar wifi 2.4Ghz atau 5.8Ghz maka anda bisa jual koneksi internet dari wifi anda. Anda bisa memberi akses internet kepada orang di sekitar rumah, warung, kos-kosan anda melalui pemancar wifi yang anda buat dan anda bisa menarik iuran atas pemakaian internet tersebut kepada orang-orang di sekitar anda.

Agar lebih profesional dalam mengelola bisnis hotspot ini maka anda harus mengatur penggunaan internet bagi setiap pengguna dengan limit kecepatan tertentu atau quota tertentu, hal ini supaya tiap pengguna tidak berebut trafik data, karna kebutuhan pengguna itu macam-macam kawan, ada pengguna yang suka nonton youtube, ada yang doyan sosial media seperti facebook dan sejenisnya, dan yang 'bahaya' apabila tidak dikendalikan dengan baik misalnya ada pengguna yang doyan download lewat idm atau torents bisa habis koneksi internet anda tersedot oleh 1 orang ini. Maka dari itu, dalam mengelola layanan hotspot ini kita butuh alat yang bernama Router Mikrotik, tugas utama Mikrotik ini adalah untuk manajemen bandwidth client yaitu untuk mengatur tiap client seberapa cepat akses internetnya misalnya ada client kita kasi bandwidth 1Mbps, 2Mbps, 3Mbps dan seterusnya. Mikrotik juga bisa mengatur seberapa lama waktu penggunaan internet tiap pengguna, misalnya ada paket harian, mingguan, bulanan, dan sebagainya.

Adapun alat-alat yang anda butuhkan dalam membangun layanan hotspot atau Rt Rw NET dengan modal yang sangat kecil antara lain:

1. Mikrotik Rb750r2 harganya Rp. 650.000,
2. AP Bullet M2 Titanium +Adaptor harganya Rp. 1,600,000
3. Antena omni Tplink 15db 2.4ghz, harga Rp. 700,000
4. Kabel UTP cat 5e yang outdoor 25 meter, harga Rp. 150,000
5. Jasa setting Mikrotik Rp. 500.000
6. Jasa setting AP Bullet M2 Rp. 100.000
7. Program billing (login page dan cetak voucher) Rp. 200.000
8. Ongkos kirim (tanyakan via inbox fb/wa saya)
9. Tinggal colok, tidak termasuk tower / tiang antena (agan sediakan sendiri)

Kemampuan:

  • Daya tampung max 20 client,
  • Internet traffic max 30Mbps
  • Sebaran sinyal 360°
  • Jangkauan terjauh 1200 meter (1,2Km)


Fitur:
  • Bisa membatasi kecepatan download client, tiap user bervariasi bisa dikasi, misalnya 1Mbps, 2Mbps, 3Mbps dan sebagainya.
  • Bisa membatasi penggunaan user dalan bentuk quota, misalnya 1GB, 2GB ...dst
  • Bisa membatasi waktu akses tiap user, misalnya 1jam, 2jam ...dst. atau 1hari, 2hari ...dst. atau 1minggu, 2minggu 3 minggu, 4 minggu atau 1 bulan.
  • Tarif voucher bisa anda sesuaikan misalnya 1 jam Rp. 2.000, 1 hari Rp 10.000, 1 minggu Rp. 30.000, 1 bulan Rp. 100.000,- atau terserah anda sesuaikan dengan selera anda.


ini adalah contoh tampilan login dari kami:

Sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai bisnis hotspot / Rt-Rw NET. Jika ada pertanyaan silakan berkomentar pada form yang kami sediakan di bawah ini.

Contact Person: PURWANTO 

HP /Whatsapp : +62 822 3348 3221 


Baca juga : Jasa Setting RT RW NET terbaik, termurah, melayani seluruh indonesia