Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1ads

Cara Setting Aplikasi UNBK 2017 Lengkap [Solved]

www.jawaracloud.net - Cara menjalankan dan Setting Aplikasi UNBK 2017 [Solved] 100% WORK, tutorial ini ditujukan untuk Proctor dan Teknisi Sekolah pada Ujian UNBK Tahun 2017,
Berikut langkah-langkahnya:


Cara Setting Server UNBK 2019 [new]
Download VHD Simulasi UNBK 2019


UPDATE UNBK 2018
Download VHD 2018 
Cara setting UNBK 2018
Cara Setting Server UNBK 2018 [Terbaru]


UPDATE 19-03-2017 (PATCH V4.2.0)
Cara Menjalankan Aplikasi Exambro CBTSync Terbaru [Untuk Proktor]
Troubleshooting Aplikasi UNBK / UBK Lengkap [Untuk Proktor / Teknisi]


UPDATE 25-02-2017 [SIMULASI 2 & 3+ VHD] 
Kompulan Solusi Permasalahan UNBK Lengkap

password: P4ssw0rd

UPDATE 24-01-2017


UPDATE 02-12-2016
  1. Ucapkan Bismillahirrohmanirrohim, agar semua aktifitas kita senantiasa diberkahi oleh Alloh SWT.
  2. Install virtual box (klik disni)
  3. Download file VHD Asli UBK 2017  (klik di sini)  | VHD Simulasi II pada Bulan Pebruari (Klik di sini)
  4. Pembuatan Mesin Virtual

  • Setting waktu server sesuai dengan waktu yang seharusnya. Contoh jika saat ini waktu adalah pukul 08.00 WIB tanggal 18 Januari 2016, maka pilih regional, GMT +7, dan waktu harus menunjukkan waktu pukul 08.00 WIB tanggal 18 Januari 2017. Hal ini agar tidak mengacaukan waktu yang ada di VM. b. Jalankan aplikasi VirtualBox untuk memulai pembuatan mesin virtual baru.
    Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Tampilan Virtual Box yang Masih Kosong

  • Tekan tombol "New" atau pilih menu Machine, kemudian item New untuk membuat guest machine baru. Shortcut Ctrl-N (tekan tombol fungsi kontrol bersamaan dengan menekan huruf N pada keyboard) juga dapat digunakan untuk pembuatan mesin virtual baru.
  • Selanjutnya muncul jendela pop-up Create Virtual Machine, yang berguna untuk label dan jenis serta versi sistem operasi guest (Windows 2012 (64 bit) yang akan diinstall seperti pada gambar di bawah ini:

    Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Window untuk Memberi Nama dan Memilih OS Virtual Machine
  • Pada isian Name, tulis nama sistem operasi guest yang akan diinstall, untuk UNBK, kolom Name diisi dengan format: [namasekolah]_Server[Nomor Server]. Pada kolom Type diisi dengan jenis operating system (OS) virtual machine, untuk UNBK menggunakan OS Microsoft Windows. Pada kolom Version, diisikan versi dari operating system, untuk UNBK menggunakan versi Windows Server 2012,64 bit, karena itu silahkan pilih Windows 2012 R2 (64bit). Jika semua sudah terisi, silahkan tekan tombol Next.
  • Apabila di kolom version tidak tersedia Windows versi 2012 (64 bit), maka:
    1. Pastikan bahwa Server lokal menggunakan mesin 64 bit.
    2. ika server lokal sudah menggunakan mesin 64 bit, silahkan aktifkan/enable Virtualization Technology (VTx/VTd).
    3. Untuk mengubah pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) silahkan masuk BIOS. Detil pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) tergantung pada jenis BIOS. Tetapi pada kebanyakan BIOS, pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) ada pada menu “security” dan sub menu “system security”.
    4. Untuk ilustrasi, perhatikan gambar di bawah ini:
      Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Langkah-langkah Mengaktifkan Virtualization Technology (VTx/VTd) di BIOS
  • Layar selanjutnya pengaturan jumlah memori yang akan dialokasikan untuk mesin virtual dalam satuan Megabyte. Silahkan lakukan perubahan alokasi memori semaksimal mungkin dengan cara mengambil alokasi memori ¾ dari alokasi memori warna hijau dan jangan sampai mencapai atau memasuki garis warna merah. Isian maksimal ditunjukkan oleh indikator warna hijau atau setengah dari total jumlah memori komputer yang tersedia, agar sistem operasi utama tidak menjadi terganggu. Jika alokasi memory sudah ditentukan, tekan tombol Next.
    Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Window Pengaturan Memory untuk Virtual Machine
  • Bagian selanjutnya adalah pengaturan media penyimpanan (hard disk) yang akan digunakan mesin virtual. Dalam pengaturan hard disk virtual, tersedia 3 pilihan yang dapat digunakan:
    1. Do not add a virtual hard drive
      Opsi ini digunakan untuk pengguna tingkat mahir, hard disk virtual akan dibuat dalam pengaturan terpisah setelah pembuatan mesin virtual selesai dilakukan.
    2. Create a virtual hard drive now
      Opsi ini digunakan untuk membuat hard disk virtual baru bersamaan dengan pembuatan mesin virtual.
    3. Use an existing virtual harddrive
      Gunakan opsi ini untuk memilih hard disk virtual yang sudah ada
    • Pilih opsi Use an existing virtual hard drive karena kita akan menggunakan virtual mesin yang sudah tersedia dengan mencari sumber file VM yang ada. Kemudian tekan tombol Create/buat, seperti dibawah ini:

      Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Window Pengaturan Hard Disk di Virtual Machine
    • Pada Window Virtual Box akan muncul nama virtual machine yang tadi kita buat.

      Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL: Tampilan Virtual Box yang telah dipasang VirtualMachine
    • Untuk masuk ke Windows Server 2012 R2 di virtual machine, cukup sampai pada posisi Lock Screen dan tidak perlu mengetikkan Tombol Ctrl+Alt+Del di Virtual Machine.

      Gambar PEMBUATAN MESIN VIRTUAL UNBK 2017: Mengetikkan Tombol Ctrl+Alt+Del di Virtual Machine
    • Tunggu sekitar ±10 Menit untuk memastikan Service – Service yang ada di dalamVirtual Machine berjalan.
  • Setting Jaringan Virtual Machine di Aplikasi UNBK 2017
    1. Sebagai persyaratan mutlak untuk UN-CBT, server lokal harus memiliki 2 NIC (Network Interface Card). NIC 1 digunakan untuk koneksi ke LAN (Local Area Network) / Lab Ujian, sementara NIC 2 digunakan untuk koneksi ke internet. Koneksi ke internet diperlukan untuk meminta token dari server pusat dan mengupload hasil ujian peserta ke server pusat.
    2. Oleh karena itu, 2 NIC harus diaktifkan di virtual machine dengan mensetting adapter di virtual machine. Untuk mensetting adapter, bisa melalui menu mesin/machine pengaturan/settings. Setting jaringan dilakukan dalam kondisi VM “UNBK” off. berikut ini tampilan setting jaringan di Virtual Box:
    3. Pilih jaringan di menu sebelah kiri, pilih Adapter 1, selanjutnya pilih Attached to/Terpasang pada Bridge Adapter, pilih nama adapter NIC yang terhubung ke LAB/Client Kemudian Pilih  Advanced/Tingkat lanjutan gunakan default virtual box.
    4. Pilih jaringan di menu sebelah kiri, pilih Adapter 2, selanjutnya pilih Attached to/Terpasang pada NAT, Kemudian Pilih  Advanced/Tingkat lanjutan gunakan default virtual box.
    5. Pilih jaringan di menu sebelah kiri, pilih Adapter 3, selanjutnya pilih Attached to/Terpasang pada Host Only Adapter, Kemudian Pilih  Advanced/Tingkat lanjutan gunakan default virtual box.
    Jika Sudah disetting dengan benar..  maka tampilan CBTSync dan Exam Browser Admin akan tampak seperti gambar di bawah ini
    Cara Setting Aplikasi UNBK 2017 Lengkap [Solved]
    Masukkan Id Server Kemudian Tekan Submit, Perhatikan Gambar di bawah ini
    Cara Setting Aplikasi UNBK 2017 Lengkap [Solved]
    Tampilan Dashboard APlikasi UNBK 2017
    Cara Setting Aplikasi UNBK 2017 Lengkap [Solved]
    Pada Settingan No. 4 Tersebut berbeda dengan Panduan yang ada di Manual Book UNBK 2017, Namun begitulah kenyataannya, settingan yang tepat menggunakan langkah-langkah di atas.. mohon sarannya jika ada solusi lain.. terima kasih
    kemudian ulangi seperti langkah di atas (Panduang Reset CBT Tools, Patching & Sinkronisasi) Keterangan : Jika UNBK Starter sudah titik tetapi SN Belum muncul klik F5 pada halaman ExambroCBTSync. 
    UPDATE TERBARU 21-11-2016
    1. Perubahan konfigurasi VirtualBox dari 3 adpter menjadi 2 adapter, jadi pada tutorial diatas adapter 3 tidak usah diisi (hilangkan centang pada Enable network adapter) 
    2. Unduh File ExamBrowserCBTSync_161120.zip yang terdapat di menu data pendukung halaman web UNBK. 
    3. Jalankan VHD hingga tampilan idle windows (tanpa harus masuk ke windowsnya) dan tunggu 3 menit. 
    4. Klik kanan lalu Run As Administrator pada file ExamBrowserAdmin. 
    5. Saat menjalankan ExambrowserAdmin maka unbk starter akan otomatis ikut berjalan. 
    6. Lakukan  RESET CBTTools dan PATCHING. 
    UPDATE TERBARU 22-11-2016 (SIMULASI 1) Panduang Reset CBT Tools, Patching & Sinkronisasi
    1. Silakan mengunduh file sim1.V3.0.zip yang terdapat di menu data pendukung di halaman web UNBK. 
    2. Lakukan extract file sim1.V3.0.zip hasilnya berupa 2 file yaitu cbtToolsUpdate.zip dan source.patch.v0.5-vhd2017.zip 
    3. Gunakan file cbtToolsUpdate.zip untuk melakukan reset CBT Tools, dengan langkah sebagai berikut : 3a.Jalankan VHD hingga tampilan idle windows (tanpa harus masuk ke windowsnya) 3b.Extract file cbtToolsUpdate.zip , lalu jalankan file ResetPatchingTools.exe dengan klik kanan lalu RUN as Administrator 3c.Klik Tombol "Submit" hingga keluar "CBT Tools Update Berhasil" 
    4. Lakukan Patching dengan langkah sebagai berikut : 4a.Jalankan Exambrowser Admin 4b. Klik "Akses CBT Tools" yang ada di bawah ID Server 4c. Klik "Select Files" lalu pilih file pada folder "../02.Patching/source.patch.v0.5-vhd2017.zip" (TIDAK PERLU DI EXTRACT !!!!) 4d. Klik tombol "Upload" hingga muncul popup "Upload Berhasil" 4e. Jika berhasil, Klik tombol "Submit". Tunggu hingga tampil Popup "Patching Berhasil" Lalu tutup ExambroCBTSync Admin 4f. Restart VM. 
    5. Jalankan ExambroCBTSync Admin dan pastikan sudah menjadi V3.0 2017 
    6. Masukan ID Server lalu klik submit Status menjadi "Standby" dengan keterangan "ID Server SN sudah terdaftar Akses Ke Server Pusat ditutup" silahkan menunggu jadwal Sinkronisasi 
    7. Apabila Status menjadi "Aktif" dengan keterangan "CBTSync Siap Digunakan" maka silakan lakukan proses "Backup & Hapus" sebelum melakukan langkah sinkronisasi, dengan langkah sebagai berikut: 7a. Masuk ke Menu "Backup & Hapus" lalu lakukan backup database lalu lakukan PROSES HAPUS 7b. Log Out dan Login kembali ExambrowserCBTSync setelah proses Hapus berhasil 
    8. Klik Tombol Submit, apabila Status Sudah "Aktif" Lakukan Langkah Sinkronisasi dengan langkah sebagai berikut : 8a.Masuk ke Menu "Status Download" klik tombol refresh status 8b.Klik Tombol "StartSYNC" 8c.Silakan menunggu sampai data 9 selesai dan klik tombol "logout" 
    9. Silahkan Cek Peserta pada Menu Daftar Peserta 
    UPDATE TERBARU 02-12-2016 (PATCH V.3.1.1) 
    Download Simulasi V3.1.1.zip di Beranda sebelah kanan pada situs ubk.kemdikbud.go.id atau pada link di bawah ini
    Simulasi_V3.1.1.zip
    ExamBrowserCBTSync_161129.zip
    CBT.BaseClass.licenses
    UPDATE TERBARU 19-03-2017 (PATCH V4.2.0)
    SIMULASI 3 SMPPosko UBK -- 19-03-2017 23:18:38
    Pilihan Mapel untuk Simulasi 3 SMP Hari Pertama :
    Simulasi 3 SMP 2017 - 1 ( Bahasa Indonesia )


    Berikut cara meng-Aktifkan Token untuk Simulasi 3 SMP 2017 :
    1. Pastikan Status di Dashboard AKTIF.
    2. Pilih Menu Status Test.
    3. Pilih Daftar Test ( SIMULASI 3 SMP 2017 - 1 ).
    4. Kelompok Test tetap nomor 1.
    5. Klik Simpan semua dan tunggu sampai Muncul TOKEN.


    Ket : Token di buka pukul 7:30 AM waktu setempat
    UJIAN NASIONAL PERBAIKANPuspendik -- 17-03-2017 16:54:19
    1. Ujian Nasional Perbaikan akan diselenggarakan pada tanggal 18-20 April 2017, dengan berbasis Komputer.
    2. Dimohon Panitia UN Provinsi menunjukan sekolah/madrasah tempat pelaksanaan UNP di masing2 Kota/Kabupaten yang ada UNBK nya..
    Nantikan Tutorial Selanjutnya mengenai, Singkronisasi Data Ujian dan Pengenalan Fitur-fitur Aplikasi UNBK 2017 Lainnya Semoga hari-hari kita senantiasa mendapat curahan cahaya kasih sayangnya Alloh SWT. Aamiin
     SALAM PROKTOR Saiful Arif, S.Kom dkk :)
     Artikel terkait