Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Mengenal Fresnel Zone dan LOS

Fresnel Zone dan LOS (Line Off Sight) sangat berkaitan dengan transmisi data.

Apa itu transmisi?
Transmisi adalah teknik untuk mengirimkan data dari satu node ke node yang lain. Dalam hal ini media yang sering digunakan transmisi biasanya kabel tembaga, coaxial, fiber optic dan gelombang radio WiFi.

WiFi (baca: Wai Fai) adalah teknologi jaringan LAN yang memanfaatkan gelombang radio untuk transmisi data tanpa kabel atau nirkabel (Wireless LAN / WLAN).

Sinyal wireless dipengaruhi oleh beberapa kondisi dan posisi. Salah satu metode untuk menentukan pengaruh kekuatan sinyal wireless adalah Fresnel zone. Fresenel zone merupakan besaran tak terhingga dari pola radiasi yang terpancar keluar dari circular aperture. Zona Fresnel ini adalah hasil pola difraksi dari circular aperture.

 Fresnel zone ini digunakan sebagai media rambat frekuensi dari gelombang elektromagnetik yang nantinya menghasilkan sebuah jaringan nirkabel.


Fresnel zone adalah suatu daerah pada suatu lintasan transmisi gelombang mikro yang digambarkan berbentuk elips yang menunjukkan interferensi gelombang RF jika terdapat blocking. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 1 dibawah ini.

Fresnel Zone, dapat dihitung dengan rumus berikut:

 r =  72.6 X sqrt (d/4f)

di mana           r : fresnel zone (feet)  
            d : Jarak (miles)
                        f : Frekuensi (GHz)

atau jika d dalam Km maka dan r dalam meter,dapat dirumuskan sebagai berikut:

r = 17.32 X sqrt(d/4f).

Pada fresnel zone, tidak boleh adanya gangguan sinyal transmisi karena ini akan mengakibatkan refraksi, difraksi dan refleksi yang pada akhirnya akan melemahkan sinyal yang diterima oleh Rx. Fresnel zone dibuat beberapa tingkat, yang mana untuk tingkat 1, benar-benar tidak boleh adanya obstacle.

Suatu sinyal transmisi secara consensus dikatakan baik jika 60%+3m dari fresnel zone tidak ada penghalang.

Contoh perhitungan fresnel zone sebagai berikut:

Misal Suatu Tx dengan frekuensi transmisi 15 GHz dan Jarak Tx-Rx 2 Km, maka fresnel zone dapat dihitung sebagai berikut.

 r = 17.32 * sqrt(d/4f)
   = 17.32 * sqrt(2/4*15)
   = 3.1632 m
dan transmisi akan baik jika 60% * 3.1632 + 3 (4.89792) m fresnel zone bebas dari halangan.

Fresnel Zone adalah
Figure 1: Fresnel Zone

Figure 2: Fresnel Zone
Lanjut ke  Line Off Sight (LOS) >>>

LOS ( Line Off Sight)
Dalam transmisi gelombang mikro kita mengenal istilah LOS. Apa itu sebenarnya LOS? LOS ( Line Off Sight) adalah suatu kondisi dimana antara pengirim (Tx) dengan penerima (Rx) dapat saling melihat tanpa ada penghalang.

LOS dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini:

1. Panjang lintasan
Adalah panjang lintasan antara Tx dan Rx

2. Faktor K
Faktor pengali jari-jari bumi. Untuk indonesia k: 1.33 atau 4/3

3. Kontur bumi
Adalah kondisi permukaan dari bumi yang bisa berupa bukit, lembah dan lainnya.

4. Daerah fresnel
Adalah daerah berupa lintasan elips dalam lintasan propagasi gelombang radio dimana daerah             tersebut dibatasi oleh gelombang tak langsung (indirect signal) dan mempunyai beda panjang             lintasan dengan sinyal langsung sebesar kelipatan ½λ atau 2 kali ½λ.
5. Tinggi penghalang
Tinggi penghalang atau obstacle, yang bisa berupa pohon, gedung atau bangunan lainnya.
LOS dan Fresnel Zone adalah...
LOS, figure 1



LOS, figure 3



LOS, figure 3

Mengenal Fresnel Zone dan LOS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.