Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Cara Unbrick Router WiFi TP-Link TL-WR740N

::Cara Unbrick Access Point TP-Link TL-WR740N - JawaraCloud.NET:: Mengupgrade Firmware emang seru sob, tapi jika tidak hati2 maka bisa jadi 'petaka' ya sob :) karena perangkat Access Point / Router WiFi Anda akan mengalami bricked jika terjadi kesalahan saat flashing firmware. Oleh sebab itulah saya menyarankan anda untuk hati2 banget saat melakukan flashing/upgrade, yang harus diperhatikan: (1)Gunakan firmware yang sesuai dengan arsitektur hardware perangkat anda. (2)Lebih aman menggunakan kabel, jangan menggunakan wireless saat upgrade/flashing. (3)Biar gak was-was, supaya hati mantap, Gunakan UPS agar saat progress flashing/upgrade kebutuhan listrik terjamin pada perangkat, sungguh beresiko jika saat flash firmware tiba2 listrik pln mati maka dari itu diperlukan backup sumber listrik seperti UPS/Aki/Baterai/semacamnya lah... :)

cara debrick ap tp link

OK sob kita lanjutkan kembali ke topik pembahasan artikel ini mengenai cara unbrick atau menyembuhkan AP Tp Link jika terjadi bricked. Langsung aja kita eksekusi langkah2nya:
1. Matikan AP / Router WiFi Anda.
2. Download firmware terbaru dari tp link dsini : http://www.tp-link.com/en/download/
3. Anda extract firmware yg sudah terdownload dan rename file binary menjadi wr740v4_tp_recovery.bin. dan sebaiknya anda letakkan file ini di direktori D:\OpenWRT sesuai dengan contoh pada artikel ini
cara perbaiki router tplink yang gagal booting


4. Install software FTP server, disini saya pakai tftpd, Anda bisa download disini http://tftpd32.jounin.net/ selanjutnya anda install itu tftpd nya.
5. Atur IP address komputer Anda menjadi 192.168.0.66 dengan gateway 192.168.0.1 seperti yang terlihat pada screenshot berikut ini
6. Jalankan / buka program tftpd ubah direktori kemana tempat kita menyimpan file firmware wr740v4_tp_recovery.bin tadi, kemudian ubah juga server interface kepada ethernet dan ip address komputer anda seperti tampilan berikut ini, dan biarkan dulu
7. Sebaiknya Anda sediakan penjepit kertas / paper clip, bentuknya begini, anda bisa dapatkan alat ini di toko atk tempat fotokopian :) tar paper clip nya di lurusin ya gan biar bisa masuk ke lubang reset nya :)
8. Tekan tombol reset pada router tp link anda menggunakan paper clip dan tahan jangan dilepas, kemudian nyalakan router tplink sambil menahan tombol reset selama 4-5 detik, setelah itu lepas tombol reset maka router akan proses flashing secara otomatis mengambil firmware dari ftp server yang ada di komputer anda.
9. Tunggu sampai proses selesai. Setelah itu router akan reboot dan nama sinyal wifi (SSID) akan berubah sesuai dengan nama default router.
10. Selesai dah, hanya begitu saja triknya... ternyata unbrick router wifi itu mudah kan, anda tidak perlu pusing mencari kabel serial untuk melakukan ini :)

Demikian artikel singkat ini adanya semoga bermanfaat buat anda yang sedang memperbaiki router  karena metode ini bisa diterapkan untuk semua jenis AP / Router TP Link.

Cara Unbrick Router WiFi TP-Link TL-WR740N Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.