Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Cara Instalasi Ejabberd di Ubuntu 16.04 LTS

Membangun Server Chating Sendiri dengan Ejabberd. Ejabberd adalah aplikasi chat server atau xmpp server atau jabber server yang handal, stabil dan scalable. Dibuat menggunakan bahasa pemograman erlang yang awalnya hanya bisa dijalankan di sitem operasi unix seperti linux, bsd, mac os. dan kini ejabberd sudah bisa dijalan di windows server 2012 dan diatasnya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memandu Anda cara instalasi ejabberd di server linux ubuntu.

Instalasi Ejabberd 

Secara default, packages ejabberd sudah tersedia di dalam system repository ubuntu, Anda tinggal menjalankan perinstah apt-get maka ia akan terdownload dan terinstall secara otomatis. Perintah ini sekaligus menyertakan paket bahasa pemrograman Erlang juga akan terinstall kedalam server kita.

# apt-get install ejabberd

Konfigurasi Ejabberd

Pada instalasi kali ini saya akan menggunakan nama domain im.example.com dalam dalam konfigurasi host. Anda boleh cukup menggunakan localhost sebagai nama mesin anda, namun jika anda ingin lebih mudah menghapal alamat server saat remote ke mesin server anda maka diperlukan domain atau sub-domain sebagai penghubung. So, pertama.. kita akan memberikan nama domain dulu sebagai pengganti ip address server ejabberd

# echo "192.168.10.120 im.example.com" >> /etc/hosts

Selanjutnya anda harus membuat akun admin ejabberd untuk localhost dan domain anda

# ejabberdctl register admin localhost password
# ejabberdctl register admin im.example.com password

Selanjutnya edit konfigurasi ejabberd pada file /etc/ejabberd/ejabberd.yml dengan menggunakan test editor kesayangan anda, kalau saya biasanya pakai nano atau vi editor.

# nano /etc/ejabberd/ejabberd.yml

Dan tambahkan acl untuk memberi akses kepada akun admin yang tadi kita buat, lihat tampilan dibawah ini:
acl:
  admin:
     user:
         - "admin": "localhost"
         - "admin": "im.example.com"

dan tambahkan im.example.com dibawah baris hosts:
hosts:
  - "localhost"
  - "im.example.com"

OK, silakan simpan dulu dengan mengikuti kaidah penyimpanan aplikasi text editor anda.
Lalu restart service ejabberd
# service ejabberd restart

Akses ke Web Panel Ejabberd

web panel ejabber secara default berkerja pada port 5280. maka tambahkan port itu pada alamat domain ejabber anda diikuti /admin, lengkapnya begini:
http://im.example.com:5280/admin
masukkan username admin dan passwordnya, jangan sampai lupa ya nanti jadi pusing :)
apabila username dan password yang anda masukkan benar maka tampilan akan muncul seperti dibawah ini...
web panel ejabberd
admin panel - ejabberd

Pengujian Ejabberd

Untuk menguji keberhasilan dalam instalasi ejabberd, saya akan menggunakan aplikasi xmpp client (gaim, gajim, ebuddy, xabber) dan login menggunakan 2 user yang berbeda kemudian mencoba chat / saling kirim messaging diantara kedua user tersebut.

dan inilah contoh 2 user yang saya buat untuk testing
rahul@im.example.com
andrew@im.example.com
howto add ejabber users
menambah user - ejabber
Kemudian kita instal xmpp client di komputer pakai gajim, atau pakai ebuddy untuk android. pada contoh ini kebetulan saya pakai Gajim xmpp client. Anda boleh pakai alternatif lainnya seperti gaim, pidgin, ebuddy, xabber sesuai selera anda. So, jika anda ingin menggunakan komputer dalam pengujian ini maka ikuti perintah dibawah ini untuk menginstal gajim di sistem operasi ubuntu desktop. Jika anda pakai windows 7,8,10 anda sesuaikan saja.
# apt-get install gajim

Terus masukkan masing-masing akun diatas ke dalam menu account aplikasi Gajim

Lalu tambahkan akun lawan chat nya (tadi, user rahul) pada menu Actions >> Add Contact, dan tambahkan kontak, ini akan memerlukan approval dari user lawan chat-nya. Jika permintaan disetujui oleh lawan chat maka lawan chat akan muncul di contact list.

dan terakhir, silakan saling berkirim pesan diatara kedua user tersebut.

Update:

Lupa password admin ejabberd, begini cara reset nya:
$ sudo ejabberdctl change_password admin localhost 123456
atau
$ sudo ejabberdctl change_password admin im.example.com 123456

im.example.com = sesuaikan dengan nama domain anda

Cara Instalasi Ejabberd di Ubuntu 16.04 LTS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.