Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Cara Flash OpenWrt TP Link TL-MR 3220 dan TL-MR3420

OpenWRT merupakan sistem operasi embedded untuk router wireless atau lebih tepatnya disebut dengan firmware yang dikembangkan berdasarkan kernel linux untuk dijalankan pada perangkat radio/wireless agar bekerja lebih optimal.

Windows, Ubuntu, Centos, Debian, itu semua disebut sistem operasi yang bisa melakukan upgrade sendiri secara otomatis dan berkala apabala ada package baru dari vendor. Hal ini berbeda Firmware yang bersifat tetap / embedded, Firmware diperuntukkan untuk perangkat mini portable seperti modem dan access point. Salah satu Firmware populer yang bersifat open source ialah OpenWRT.

Sebelum melakukan flash ke router Mr3220 v2 dengan firmware Openwrt silahkan baca artikel jawaracloud.net sebelumnya mengenai Persiapan Sebelum Flash Router ke Openwrt.

Disana menjelaskan apa saja bahan yang harus dipersiapkan sebelum flashing router dengan firmware Openwrt, mulai alamat url download firmware OpenWRT, versi berapa yang harus didownload dan aplikasi pendukung apa saja yang harus di install ke Komputer/laptop yang akan digunakan untuk setting  pertama kali nantinya setelah router selesai di flash ke Openwrt.

Tutorial ini tidak hanya untuk TP Link Mr3220 v2 saja, namun bisa juga diterapkan pada Radio AP merk lain, asalkan firmware yang digunakan sesuai dengan arsitektur, merk dan versi router. JawaraCloud.net akan menggunakan firmware Chaos Calmer 15.05.1. adalah versi firmware stabil terbaru saat artikel ini ditulis. Selanjutnya anda boleh langsung masuk ke bagian cara flash router Mr3220 v2 ke Openwrt dengan menggunakan firmware Chaos Calmer 15.05.1. Perhatikan dan harap langkah-langkah ini dijalankan dengan hati-hati dan teliti satu persatu.

Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan pada router anda karena kelalaian Anda sendiri, itu menjadi tanggung jawab Anda pribadi.

Langkah-langkah Cara Flash OpenWrt TP Link TL-MR 3220 dan TL-MR3420

1. Download Firmware OpenWrt disini.
cara flash openwrt

2. Setelah firmware terdownload, Buka browser dan login ke router dengan mengetikkan IP 192.168.0.1 ( Default IP Address TP Link TL-Mr3220 )

3. Reset router ke settingan pabrik dengan cara: Klik System Tool lalu klik Factory Default. Klik Restore, tunggu proses restore router ke settingan pabrik/default.


4. TP Link akan reboot dan kembali ke tampilan menu dashboard / panel depan.

5. Klik System Tool dan pilih Firmware Upgrade, dan Browse firmware factory.bin yang sudah didownload sebelumnya (contoh : openwrt-15.05.1-ar71xx-generic-tl-mr3220-v2-squashfs-factory.bin )

6. Selanjutnya klik Upgrade, maka proses flashing firmware OpenWRT akan berjalan beberapa saat. Pada waktu proses flash firmware berjalan jangan sampai anda menekan tombol apa pun dan jangan sampai router mati mendadak atau listrik padam karena apabila router atau listrik padam saat proses flash berjalan akan mengakibatkan router brick/bricked dan gagal flash. Walaupun proses flash ini hanya memakan waktu +- 4 s/d 5 menit sebaiknya gunakan UPS untuk berjaga jaga apabila listrik tiba-tiba padam komputer dan router tidak ikut padam.

Abila router anda mengalami bricked, bacalah kolom lanjutan ini pada bagian paling bawah artikel ini dengan judul : Cara Unbrick TP-Link TL-WR740N

7. Selanjutnya akan muncul halaman login OpenWrt dengan alamat yang berbeda dari sebelumnya yakni http://192.168.1.1/cgi-bin/luci . Pada tahap ini Anda sudah berhasil melakukan flash router ke OpenWrt.

8. Gunakan username root dan passwordnya kosong, lalu tekan enter atau klik tombol login, maka Anda akan masuk ke halaman System > Administration untuk melakukan set password pertama kali.

OK, done! semoga bermanfaat...

Selanjutnya Baca :
Cara Setting OpenWrt Sebagai Access Point Hotspot
Cara Unbrick Router TP-Link TL-WR740N

Cara Flash OpenWrt TP Link TL-MR 3220 dan TL-MR3420 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.