Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Membuat PC Router dan Instalasi Mikrotik RouterOS pada PC

Pada kesempatan kali ini Jawara Cloud akan membagikan tutorial cara membuat pc router dan installasi MikroTik RouterOS untuk komputer / PC x86. Apa itu MikroTik? Apa itu RouterOS dan Apa itu CPU x86? Berikut ini sedikit penjelasannya agar pembaca awam paham, tidak salah kaprah, dan tidak gaptek :)

Mikrotik itu nama perusahaan pembuat Router yang pabriknya berada di Latvia (sebuah Negara di eropa utara). MikroTik juga dijadikan merk dari perangkat jaringan mulai dari Router, Switch, Access Point dan antenna WiFi.

RouterOS adalah sistem operasi Router yang kaya fitur, lengkap dan handal meliputi: routing, firewall, bandwidth management, wireless management, RADIUS management, web-proxy, dan lain sebagainya.

CPU x86 adalah computer dengan arsitektur x86 yang umumnya digunakan untuk desktop maupun laptop yang kita gunakan sehari-hari. CPU x86 ini paling banyak beredar dipasaran hingga saat ini.

Tujuan Instalasi MikroTik RouterOS

Tujuan kita menginstall routeros mikrotik ke dalam PC adalah untuk membuat komputer bekas/lawas berfungsi menjadi router handal, selain itu PC Router yang kita buat ini bisa kita manfaatkan sebagai Radius Server / User Manager / Userman yang jauh lebih kencang, lebih handal daripada RouterBoard RB750, RB450G, RB850Gx2 dan lainnya.

Q: mengapa Router PC lebih mantab, lebih kencang daripada RouterBoard
A: karena resource pada PC jauh lebih besar dari pada RouterBoard, coba kamu bandingin resource antara PC dan RouterBoard mulai processor, ram, hdd nya.

Q: apa saja yang bisa kita bikin di router pc
A: banyak hal, misalnya untuk billing hotspot userman yang lebih cepat dan lebih besar kapasitas databasenya, untuk web-proxy, untuk membuat routing, firewall maupun management QoS yang lebih kompleks dan sebagainya.

Nah itu-dia penjelasan beberapa istilah yang berkaitan dengan project kita kali ini “Membuat PC Router Dan Instalasi Mikrotik Routeros Pada PC” dalam hal ini kita akan bagi menjadi 2 bagian, antara lain: Cara Instalasi Mikrotik RouterOS pada PC dan Konfigurasi Dasar Router Mikrotik.

Bagian 1: Cara Instalasi Mikrotik RouterOS pada PC


  1. Download Mikrotik RouterOS x86 disini. Kemudian extract file rar nya. Cari file yang berbentuk ISO kemudian burn ke CD/DVD
  2. Atur urutan boot ke CD/DVD pada BIOS komputer/PC. Kemudian simpan dan keluarlah dari BIOS.
  3. Nyalakan kembali computer anda dan mulai install MikroTik RouterOS, tampilan bootnya seperti gambar berikut ini:
  4. Ketik atau tekan tombol 'a' pada keyboard, sehingga semua paket software ter checklis semua seperti tambilan gambar berikut:
  5. Semua packet software RouterOS yang sudah terpilih akan kita install semua, maka selanjutnya tekan 'i' untuk memulai proses instalasi mikrotik routeros
  6. Proses selanjutnya akan muncuk pertanyaan berikut:
  7. do you want to keep old configuration? [y/n]:...
  8. Silakan jawab dengan ketik/tekan tombol y atau n (sama saja, disini yang kebanyakan orang agak bingung karena anda tekan y ato n nggak ada bedanya) karena ini proses instalasi baru sudah tentu belum ada konfigurasi.
  9. Selanjutnya muncul peringatan!!! bawah semua data dalam hard disk akan dihapus
  10. Anda cukup dengan tekan y agar proses partisi dan format hard disk segera berlangsung.
  11. Pada proses formating ini akan menunggu agak lama sesuai dengan ukuran kapasitas hard disk anda.
  12. Selanjutnya muncul proses instalasi paket software yang sudah kita pilih pada langkah sebelumnya.
  13. Proses ini akan berlangsung cepat dan apabila sudah muncul seperti gambar di atas, tekan enter untuk reboot / restart komputer, kemudian segera masuk kembali ke BIOS dah ubah lagi firt boot nya menjadi hard disk. dan simpan lagi konfigurasi BIOS ini.
  14. Keluarkan CD Installer Mikrotik
  15. Nyalakan kembali / restart, jika tampilan sudah seperti ini maka selesai sudah proses install mikrotik
  16. Pertama kali mikrotik pc dinyalakan, tekan N
    Menu log in pada MikroTik RouterOS
    MikroTik memberi informasi pada kita agar segera memasukkan license key

Bagian 2: Konfigurasi Dasar Mikrotik

Sebelum anda belajar konfigurasi mikrotik, anda harus belajar cara menggunakan winbox

Baca : CARA MENGGUNAKAN WINBOX MIKROTIK LENGKAP DISERTAI GAMBAR

Apabila sudah paham tentang cara menggunakan winbox selanjutnya belajar konfigurasi dasar mikrotik

Baca : Tutorial Mikrotik Dasar Lengkap

OK kawan selamat belajar, semoga bermanfaat :)

Membuat PC Router dan Instalasi Mikrotik RouterOS pada PC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.