Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Cara Membatasi Bandwidth Jalur Local ke Public dan Unlimited Local ke Local di Mikrotik

Ditengah kesibukan saya dalam aktifitas freelancer mengerjakan jasa setting mikrotik untuk para customer saya dari ujung Aceh, Jawa, hingga Papua, ada satu pertanyaan unik yang datang dari seorang kawan melalui pesan pribadi di sosial media, dia mengirim gambar dan pertanyaan bagaimana Cara Membatasi Bandwidth Jalur Local ke Public dan Unlimited dari Local ke Local atau Cara Bikin Benwit Unlimited Traffic Local di Mikrotik.

Ceritanya begini, kawan saya yang satu ini tampaknya seorang guru IT di sebuah SMA di NIAS menemukan kesulitan dalam management bandwidth  internet dan intranet di mikrotik dengan kriteria berikut:

  • Unlimited speed dari jalur lokal ke lokal (Intranet Traffic)
  • Memberi limit speed jalur lokal ke public (Internet Traffic)

keinginan tersebut biasanya ada karena sekolahnya telah menerapkan ujian semester berbasis komputer (USBK dan UASBK). Server E-Learning/Ujian berada di jaringan lokal dan siswa mengakses ujian secara local dari jaringan sekolah. Selain itu, rule seperti ini juga bisa diterapkan bagi anda yang menerapkan proxy external / transparent proxy di mikrotik.

topologinya begini, silakan anda lihat

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buka Winbox dan klik IP > Address

Lihat ip address yang saya sorot kawan, kita akan membuat bypass limitter agar network 192.168.20.0/24 ini bisa diakses secara unlimted oleh client dijaringan lokal sesuai gambar topologi diatas.

2. Membuat mangle, caranya: klik IP > Firewall, kemudian klik sub menu Mangle, lalu klik + seperti pada gambar berikut ini:

cara membuat mark connection
chain: forward
dst. address : 192.168.20.0/24 (kemudian klik tanda NOT di depannya)

action mangle
klik Action, pilih mark connection, kemudian berilah nama koneksinya misal: public_conn
passthrough anda checklist, kemudian klik OK

3. Setelah kita buatkan mark connection, maka kita buat paket koneksi dengan klik tanda + lagi di Mangle
membuat packet mark packet
chain: forward
connection mark : pilih aja public_conn
lanjut klik Action

klik Action : mark packet
beri nama: paket_internet
Mangle selesai dibuat dan hasilnya seperti ini

4. Buat Simple Queue seperti contoh berikut ini:
isi seperti area kotak merah
maksudnya dsini kita akan beri limit 512k  untuk mengakses internet pada client tersebut
5. Klik tab menu Advanced
Packet Mark: pilih packet_internet seperti yang sudah kita buat tadi, lalu klik OK
tambahkan rule queue sesuka anda, sejumlah yang anda inginkan, yang penting gunakan packet mark yang sudah kita buat seperti contoh diatas itu.

Selesai!!!!

Cara Membatasi Bandwidth Jalur Local ke Public dan Unlimited Local ke Local di Mikrotik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.