Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Konsep dan Pengertian Jaringan Komputer Lengkap

Konsep dan Pengertian Jaringan Komputer Lengkap

Pada kesempatan kali ini, jawaracloud akan membahas tentang konsep jaringan komputer dan pengertian jaringan komputer, dari sekian banyak pengertian jaringan komputer, kami mencoba untuk menyederhakannya sehingga para jawara dapat memahaminya secara menyeluruh

DAFTAR ISI

  1. Sistem Komunikasi
    1. Protokol Komunikasi
    2. Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer
    3. Manfaat Jaringan Komputer
    4. Teknik Pengabelan
  2. Protokol Jaringan

    Konsep dan Pengertian Jaringan Komputer

    1. Sistem Komunikasi

      Sistem komunikasi merupakan sebuah sistem yang selalu membutuhkan media sebagai pembawa sinyal (carrier). Medium pembawa sinvai sistcm transmisi dapat berupa kabel, gelombang elektro magnet (RF), cahaya, atau perantara lainnya. Untuk menyampaikan sebuah data1 sistem komunikasi memburuhkan sebuah aturan (role atau protocol). Sistem komunikasi sendiri adalah sebuah sistem kompleks yang dibangun dan uga komponen utama, yaitu medium transmisi, carrier, dan protokol.

      1. Protokol Komunikasi
      2. Protokol komunikasi (Communication protocol) dapat diartikan sebagai sebuah aturan yang dibuat guna mengontrol pertukaran data pada tiap-tiap node (misalkan, komputer). Proses yang menjadi fokus pengontrolan adalah proses inisialisasi, verifikasi, cara berkomunikasi, dan cara memutuskan komunikasi. Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer (computer network)  dimaknai sebagai hubungan antar dua atau lebih komputer yang terhubung dengan menggunakan sebuah media/sistem komunikasi. Perbedaan jaringan komputer dan komunikasi data Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menggunakan teknik komunikasi data, tetapi lebih mementingkan arti dan tiap bit saat proses pengiriman data sampai diterimanya data secara sempurna di computer yang menjadi tujuannya. Perlunya jaringan komputer Pada awalnya, komputer didefinisikan sebagai sistem kompak yang terdiri dan perangkat keras (bardware) dan perangkat lunak (software), sedangkan manusia menempati posisi sebagai otak sistemnya (brainware). Saat ini sebuah sistem komputer dipandang sebagai perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan, serta manusia tetap berposisi scbagai pembangun sistem yang memberi perintah dan menjaga keseluruhan sistem.
        protokol dalam jaringan komputer
      3. Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer
        Ketika Departemen Pertahanan Amerika  pada tahun 1969 Membentuk DARPA,  Sejarah jaringan komputer global (dunia) dimulai, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) yang bertujuan mengadakan sebuah riset mengenai ‘cara menghubungkan seum1ah komputer sehingga membentuk jaringan organik’. Program riser ini dikenal dengan  sebutan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Pada 1970, lebih dan puluhan komputer sudah berhasil dikoneksikan (satu dengan yang Lain), saling berkomunikasi, dan membentuk sebuah jaringan.

        Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan pro gram e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk riser ARPANET. Program elektronik mail tersebut sangat  mudah dan langsung terkenal dan popular pada saat itu.

        Pada tahun 1972, icon  at (@ ) dipromokan sebagai symbol penting yang  dibaca “at” atau “pada”. pada tahun 1973,  jaringan komputer yang dikasih nama ARPANET mulai dikembangkan hingga Amerika Serikat. di London, Komputer di University College merupakan komputer di luar Amerika yang pertarna menjadi anggota jaringan ARPANET.

        Hari bersejarah berikutnya terjadi pada tanggai 26 Maret 1976. Ketika ini, Rani Inggnis berhasil menginimkari sebuah e-mail dan Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, lebih dan loo komputer telah bergabung dalam sistem ARPANET dan membentuk sebuah jaringan atau network.

        Tom Truscott,  Steve Bellovin da Jim Ellis  Pada tahun 1979,  membuat newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network). Kemudian France Telecom Pada tahun 1981 menciptakan sebuah terobosan baru dengan meluncurkan telephone televisi pertama di dunia dengan berkembang dan bertambahnya komputer yang membentuk sebuah jaringan, protokol resmi dibutuhkan  sehingga dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu dibentuk sebuah komisi Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP)

        Tidak lama kemudian di dataran Eropa muncul sebuah jaringan komputer tandingan yaitu Europe Network (Eunet) yang meliputi berbagai wilayah seperti Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia.

        Untuk menstandartkan address Jaringan komputer yang sudah ada, pada tahun 1984 diperkenalkan sistem dengan nama domain yang lebih dikenal dengan Domain Name sistem (DNS). Dengan menggunakan sistem DNS, komputer yang tersambung dengan jaringan ribuah lebih. Pada 1987 diperkirakan kompu ter yang tersambung ke jaringan tersebut melonjak sepuluh kali lipat menjadi lebih dari sepuluh ribu komputer.

        Baca Juga Cara Kerja DNS
        Sehitar Tahun 1988, Jarkko Oikannen asal Finlandia menemukan dan memperkenalkan Internet Relay Chat atau IRC yang memungkinkan beberapa brainware mampu berinteraksi secara real time untuk mengirim pesan (chatting). Akibatnya,1 tahun kemudian jumlah Computer Network meningkat hingga sepuluh kali lipat. Lebih dari seratus ribu komputer membentuk dan terhubung dalam sebuah jaringan. Ketika Tim Berners Lee merancang sebuah program editor dan browser pada pertengahan 1990 yang dapat berselancar antara komputer yang satu dengan komputer lainnya yang membentuk jaringan. Program inilah kemudian disebut www atau world wide web. Tahun 1992, komputer yang saling tekoneksi membentuk sekelompok jaringan hinggamelampaui lebih dan satu juta komputer. Pada tahun yang sama muncul sam istilah yang beken, yaitu suflng (menjelajah). Pada ahun 1994, situs-situs web di dunia maya mulai  bermunculan dan untuk pertama kalinya virtual shopping (belanja online) atau e-retail muncul di berbagai situs. Dunia langsung berubah dengan diluncurkan perusahaan search engine pertama, yairu Yahoo! yang dibangun oleh David Filo dan Jerry Yang pada bulan April 1994. Netscape Navigator 1.0. diluncurkan di penghujung tahun 1994.
        Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer
      4. Manfaat Jaringan Komputer
      5. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dalam suatu jaringan komputer. 
        Manfaat Jaringan Komputer
        1. Dengan Jaringan komputer  seseorang dapat mengunggah atau send file serta memungkinkan file orang lain yang telah diizinkan untuk ambil (download), di mana pun dan kapan pun. Dengan Jaringan komputer  memproses pengiriman data dapat berlangsung cepat serta efisien.
        2. Dengan Jaringan komputer dapat melakukan tukar data (sharing) hardware maupun software antar clientnya.
        3. Dengan  Jaringan komputer seseorang dapat berhubungan dengan orang lain di berbagai negara berbentuk teks, gambar, audio, dan video secara langsung (real time).
        4. Dengan  Jaringan computer,  biaya operasional dapat diminimalisir, seperti penggunaan telepon, kertas, pengiriman berkas/surat
      6. Teknik Pengabelan
      7. Beberapa macam jalur komunikasi dapat cligunakan sebagai media transmisi atau pembawa sinyal data (berupa kabel) sistem jaringan.
        1. Twisted Pair Cable
        2. Terdapat dua jenis twisted pair cable yaitu shielded (memiliki selubung pembungkus) dan unshielded (tidak memiliki selubung pembungkus). Biasanya, menggunakan shielded model RJ-1 I atau unshielded model RJ 45 untuk koneksi.
          kabel twisted pair jaringan komputer
        3. Coaxial Cable
        4. Media ini paling banyak digunakan sebagai media LAN, meskipun lebih mahal dan lebih sukar penggunaannya. Kabel Coaxial ini memiliki (lebar pita) bandwidth yang lebih luas, sehingga bisa digunakan untuk komunikasi broadband. Thick Coaxial dikenal dengan nama 10-Base-5 menggunakan kabel RG-8 yang digunakan untuk jaringan LAN dan menjadi tulang punggung instalasi ethernet antargedung yang mampu mcnjangkau jarak 500—2.500 meter, tcntunya dilengkapi repeater. Thin coaxial1ebih dikenal dengan sebutan 10-Base-2 (kabel jenis RG-58) yang digunakan untuk jaringan workstation dan dapat diimplementasikan ke topologi bus dan ring.
          kabel coaxial jaringan komputer
        5. Fiber Optic
        6. Media ini masih relatif mahal dan lebih sukar penggunaannya. Perlu dikctahui, kecepatan pengiriman data menggunakan fiber op& dapat mencapai lebîh dan 100 Mbps (mega bjte per seona, bisa dikatakan tidak terpengaruh oleh Iingkungan yang menimbulkan noise sehing,ga dapat dikatakan ‘error free’.
          kabel fiber optic jaringan komputer
        7. Wireless
        8. Setiap workstation dapat berhubungan dengan media tanpa kabel seperti gelombang radio atau infra-merah.
    2. Protokol Jaringan
      1. Pengertian dan Jenis Protokol
      2. Protokol didefinisikan sebagai prosedur dan pengaturan sejumlah operasi peralatan komunikasi data. Dalam komunikasi data, aturan- aturan meliputi cara membuka hubungan, mengirimkan paket data, mengonfirmasi jumlab data yang diterima, dan meneruskan pengiriman data. Terdapat beberapa jenis protokol yang sering digunakan untuk mengimplementasi sebuah jarìngan.
        1. TCP/IP TCP/IP
        2. (Transmission Control Protocol-Internet Protocoi) merupakan protokol yang digunakan untuk jaringan internet. Protokol ini juga digunakan pada sistem operasi Unix-Linux.
        3. IPX atau SPX
        4. IPX (Internetwork Pathet eXcbane) atau SPX (Sequence Paáet eXchange) merupakan enis protokol yang digunakan oleh Novell Netware yang pengaplikasiannya sering digunakan untuk multiplqyer game. Ada kalanya, multiplajer game juga menggunakan DCC (Direct Cable Connection).
        5. NetBIOS
        6. NetBios (Network Basic Input-Output Sjstem) merupakan jenis protokol yang dligunakan oleh Mùivsofl untuk mengimplementasikan Local Area Network (LAN) manager.
      3. TCP/IP dan Subneting
      4. TCP/IP pertama kali digunakan pada I Januari 1983 untuk mengganúkan protokol yang digunakan oleh ARPANET. Sebelumnya, ARPAN ET menggunakan Network Control Protocol (NCP). Fungsi TCP adalah mengontrol alur data (flow conhvi) dan memcgang peranan dalam pengiriman paket data, termasuk apabila terjadi kerusakan data saat pengiriman berlangsung (recoverj from lost packets) IP berfungsi unruk mcngalamatkan dan mencruskan paket data diterima secara sempurna di tujuan (addressing and fonvarding of indin’dual packets). IP sendiri terdiri dan 32 bit, 8 bit pertama menyatakan sebuah neh.ivrk, sedangkan 24 bit lainnya sebagai alamat host sebuah network. Dalam pengembangannya, TCP/IP bcrjaian dalam sistem operasi berbasis Unix termasuk BSD (Bar/e/ej Software Distnbulion atau scring disebut Barkkj Unix). Kunci keberhasilan ini adalah sharing informasi antara ARPANET dan komunitas di sebuah situs.
        Baca juga  Cara Menghitung Subnetting IP Address dengan mudah
        Berbagai protokol lain yang sering kita pakai sekarang, seperti User Datagram Protocol (UDP), Address Resolution Protocol (ARP), Routing Information Protocol (RIP), atau protokol lainnya, merupakan buah karya dan shanng informasi sebagai fungsi utama internet. TCP/IP merupakan sekumpulan standar mekanisme kerja jaringan, sehingga software dan hardware dan berbagai vendor yang berbeda dapat inoperate (dapat berfungsi dan dijalankan), (Nial Mansfield, 2004, 10). TCP/IP adalah sebuah open ystem dan menjadi dasar format untuk WOrld Wide Internet sebuah jaringan yang luas yang lebib dikenal dengan WAN (Wireless Area Network), (Harijanto Pribacli, 2003,11). Protokol atau aturan-aturan ini tidak hanya berlaku pada Linux, tetapi juga bisa digunakan pada sistem operasi Windows, Unix, 1acintosh, dan semua sistem operasi yang mendukung jaringan Internet.

    Konsep dan Pengertian Jaringan Komputer Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jawara Cloud

    2 komentar:

    1. jaringan komputer4 April 2017 09.55

      Wah mantab mas artikelnya, izin share yaaaa

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terima kasih mas, nantikan artikel jaringan komputer yang lainnya, tetap stay di jawaracloud yaa!! :)

        Hapus

    Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.