Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Setting NAT di Mikrotik

Pada kesempatan kali ini saya akan bagikan tutorial cara setting NAT di Mikrotik menggugnakan winbox. Artikel ini saya tulis untuk pemula yang lagi belajar cara konfigurasi mikrotik dari dasar dengan teknik yang mudah dipahami dan mudah di praktekkan.

NAT (Network Address Translation) adalah adalah protokol jaringan yang bertugas membagi ip public kepada Jaringan Lokal agar dapat terhubung ke internet melalui Gateway pada router. Dengan adanya NAT komputer di jaringan lokal yang memiliki IP Private menjadikannya dapat mengakses alamat host yang ada di WAN dan internet dengan menggunakan IP Public yang ada pada Router.

IP Address komputer yang paling banyak dipakai saat ini masih menggunakan IP versi 4 (IPv4) yang terdiri dari 4 oktet, tiap oktet terdiri dari 8 bit, jadi totalnya ada 32 bit. Tiap 8 bit ini kalau kita ubah ke desimal = 256 (itu didapat dari 28) yang artinya tiap 1 oktet IPv4 ini bisa memberi alamat sebanyak 256 komputer, Lah... kalau ada 4 oktet berarti 256 pangkat 4 akan ketemu jumlah keseluhannya adalah 4.294.967.296 alamat komputer dengan IPv4. Yah... ada 4 milyar lebih komputer diseluruh dunia bisa menggunakan IPv4. Komputer yang dimaksud disini adalah semua perangkat yang bisa terhubung ke jaringan menggunakan IPv4, termasuk smart phone, laptop, tv pintar, router, access point dan lain sebagainya tentu jika demikian IPv4 dikhawatirkan habis, IPv4 sendiri dibagi menjadi 2 kategori yaitu IP Public dan IP Private  / IP Local. yang mana perangkat yang menggunakan IP Public ini bisa saling berkomukasi secara langsung melalui internet, sedangkan perangkat dengan IP Private tidak dapat terhubung ke komputer yang menggunakan IP Public. 4 miliyar lebih alamat IPv4 itu bisa habis kalau semua device / perangkat yang saya sebut dari seluruh dunia menggunakan IP Pulic IPv4. Untuk itulah dibutuhkan NAT yang mampu menerjemahkan IP Local kepada IP Public sehingga komputer jaringan lokal dapat terhubung ke host public / internet.

Inilah cara setting setting NAT di mikrotik:

1. Buka aplikasi Winbox di desktop anda, dan masuklah ke dalam winbox dengan cara klik connect dan selanjutnya klik menu IP > Firewall, pilih tab NAT, lalu klik + seperti gambar berikut ini:
cara setting mikrotik

- pada tab General, Chain: srcnat, Src. Address: 192.168.0.0/24
membuat nat routeros
setting nat ip address untuk segmen ip client
- pada tab Action, pilih masquerade, perhatikan gambar:
Klik Apply, dan OK.

Setting NAT di Mikrotik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

1 komentar:

  1. mas kalau, konfigurasi failover
    nah yg isp distance 2 ini punya ip public
    sy coba akses ip public nya ketika distance 2 kok tidak bisa ya? solusinya bagaimana..

    BalasHapus

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.