Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Cara Mengetahui Password Admin GPON ZTE F609/F660

Cara Mengetahui Password Admin GPON ZTE F609/F660


Apa yang harus kita lakukan jika kita lupa akan password konfigurasi modem indihome jenis GPON/ONT ZTE F660 atau F609 dan sejenisnya? pusing dah mau ganti ip address gpon gak bisa, mau setting setting dhcp server gak bisa, mau setting SSID wifi modem gak bisa, mau setting security wifi juga gak bisa karna kita tidak bisa login ke menu web konfigurasi Modem ONT ZTE F609/F660, nah... berikut ini saya tuliskan cara untuk mengetahui password Admin pada ONT/GPON Telkom Indihome, disini kita membutuhkan aplikasi telnet client untuk melakukan pencarian password administrator pada alat itu, telnet client pun banyak macam-macamnya dan saya akan memilih telnet client yang paling sesuai untuk pekerjaan ini yaitu telnet client yang bisa menyimpan log dengan script yang cukup panjang dan tentu saja telnet yang bisa dijalankan pada sistem operasi Windows XP, Windows 7, maupun WIndows 10. inilah langkah-langkahnya atau step by step  Cara Mengetahui Password Admin GPON ZTE F609/F660 lengkap dengan gambarnya:

1. Download paket software ZOC Telnet Client disini.
2. Klik 2x untuk menginstall ZOC Telnet Client, tekan next aja sampai finish ya gan.
3. Buka ZOC Telnet Client nya yang sudah agan install.
4. pada menu inputan Connect to isilah dengan ip address host tujuan, port 23, Sesion Profile pilih standart, Connection type: telnet, Emulation: vt220 dan checklist pada checkbox: show this windows when starting the program. Lihat gambar screenshot saya

5. Jika sudah dicentang, klik tombol Connect pada sisi menu kanan atas.
6. Login : root, password default pada gpon ont F609/F660 adalah: Zte521
7. Apabila sudah mengisi passwordnya agan tekan enter pada keyboard, jika login dan password terisi dengan benar maka akan tampil seperti ini gan:


8. Pastikan tanda checkbox “ZOC.LOG” anda centang, jika tidak akan sia-sia saja nanti gan :) karna inti dari praktek ini adalah untuk mengetahui password ZTE F609/F660 melalui file log yang di generate oleh ZOC Telnet Client.

9. jika agan sudah sampai pada langkah ini, saatnya agan mengetahui apa sebenernya password admin yang ada di didalam gpon indihome agan. 

sebagai catatan: ZTE F660 ini menyimpan konfigurasi settingan kedalam bentuk script xml yang diberi nama db_user_cfg.xml disimpan dalam directory /userconfig/cfg/ , jadi kita hanya perlu menampilkannya, so... ketikkan aja perintah ini di terminal Zoc Telnet Client:
cat /userconfig/cfg/db_user_cfg.xml
jika malas mengetik perintah tersebut, agan boleh copy paste aja ke terminal :) dan tunggu proses telnet menampilkan script konfigurasi zte f660.

10. Lalu tekan enter, sulit rasanya untuk kita membaca script db_user_cfg.xml yang cukup panjang di layar terminal telnet client yang cukup sempit ini :) dan untunglah ZOC Telnet client memiliki fasilitas untuk menyimpan log semua perintah yang kita ketikkan di layar terminal telnet. Adapun File “.LOG” ini secara default tersimpan di Folder ~\Documents\ZOC6 Files\Log.
11. Keluar dari Zoc Telnet Client dengan masukkan perintah exit di terminal telnet, kemudian close program seperti biasa dengan menekan tombol silang pada ujung kanan atas pada program zoc telnet.

12. Buka file log

13.  cari dengan menekan tombol “CTRL+F” pada keyboard dan masukkan kata kunci val="admin" klik “Find next” maka akan tampil seperti screenshot berikut:

14. OK, sudah ketemu gan bahwa password admin pada GPON ONT ZTE F609/F660 kita adalah: D0j@t6!n3g64rf#


Cara Mengetahui Password Admin GPON ZTE F609/F660 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotiker

7 komentar:

  1. Dngn cara di atas yp pwrgunakan wifi tersebut bs gak bozz

    BalasHapus
  2. Mohon maaf mas den andhez, bisa diperjelas pertanyaannya? :)

    BalasHapus
  3. klw bahasa ny bukan bahasa yg tertera pada gambar diatas gimana sob??

    BalasHapus
  4. [telnet] fail : no coonection could be made because the target machine actively refused it

    mohon pencerahan gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus tersambung LAN gan kalo cuma tersambung ke jaringan wireles gabisa, gua pernah nyoba

      Hapus
  5. password salah nih gimana

    BalasHapus
  6. gan koneksinya gagal ni, gimana gan?

    BalasHapus

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.