Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Menggambar Rangkaian Elektronika Dengan KiCad

KiCad adalah perangkat lunak untuk merancang PCB dengan lisensi terbuka/bebas. KiCad merupakan salah satu program EDA (Electronic Design Automation) yang dapat berjalan pada berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, mapun Machintos.


Cara Install KiCad di Linux Ubuntu

sudo add-apt-repository --yes ppa:js-reynaud/kicad-4
sudo apt-get update
sudo apt-get install kicad

Cara Install KiCad di Windows

Jika anda pengguna windows, terlebih dulu anda harus mendownload KiCad versi bineri yang berekstensi .EXE pada link berikut ini:
http://kicad-pcb.org/download/windows/
sesuaikan dengan arsitektur komputer anda apakah 32 bit ataukah 64 bit.

Lalu untuk memasangnya/menginstallnya anda double click pada file yang anda download tadi, screenshot seperti berikut ini:







Setelah selesai install, Anda bisa langsung menjalankannya (tampilan pada Windows maupun GNU/Linux sama aja kok)

Untuk  membuka editor schematic, klik pada tombol yang diberi lingkaran merah.


Sekarang kita akan mulai memasukkan komponen2 yang diperlukan, yaitu konektor 10 pin dua jajar, ic 74ls244 dan konektor DB25 (paralel port) sehingga nanti rangkaiannya seperti berikut:

Pada instalasi standar KiCad belum terdapat library AT89S51/52 (keduanya pin compatible) oleh karena itu diperlukan penambahan librarynya. Silakan download di http://www.kicadlib.org/ atau http://library.oshec.org/. Downloadlah file .lib nya. Setelah selesai, berikut cara memasukkannya. Klik Preferences > Libs and Dir, akan muncul jendela berikut ini:

Klik Add dan pilih file .lib yang barusan diunduh.

Bersambung...

Menggambar Rangkaian Elektronika Dengan KiCad Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

1 komentar:

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.