Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Packet Flow di Mikrotik

JawaraCloud.com, Terdapat beberapa fungsi chain yang dapat kita gunakan untuk membuat packet flow di router mikrotik antara lain: Forward, Input, Output, Prerouting dan Postrouting. Pasti pembaca penasaran, apa bedanya itu bro? ini dia penjelasan masing-masing chain untuk konfigurasi packet flow.

Forward :
Digunakan untuk membuat packet flow yang melewati router dari public ke local atau koneksi packet dari local ke public dengan syarat koneksi tersebut adalah langsung dan hanya numpang lewat di router tanpa adanya suatu proses routing lagi di dalam router.

Input : 
Digunakan untuk mengatur packet flow dari public dan local yang masuk ke router dan berakhir di internal router.

Output :
Digunakan untuk mengatur packet flow dari internal router mikrotik menuju keluar mikrotik baik ke public dan ke local.

Postrouting : 
Postrouting adalah koneksi yang akan keluar router setelah terjadi proses di dalam router.

Prerouting : 
Digunakan untuk memproses packet flow yang akan masuk router baik dari public atau dari local, misalnya untuk membelok permintaan koneksi internet dari jalur local masuk modem ke-2 jika anda pakai lebih dari satu modem, intinya jika kita pakai prerouting artinya koneksi yang akan masuk ke router (gak peduli dari mana/tergantung setting manglenya nanti yang akan diproses oleh router mikrotik) koneksi ini akan di proses di dalam router, bisa proses pembelokan ke proxy external, bisa filtering port, bisa apa aja deh, pokoknya ada proses. jika ingin tahu lebih jauh tentang packet flow silakan baca link sumber dibawah ini.

Selanjutnya baca:

Cara setting Mikrotik 1 Modem Indihome, Astinet, First Media, BizNET, dan lain-lain.
Cara Setting Hotspot di Mikrotik
Cara Setting Userman untuk Hotspot
Cara Setting Mikrotik untuk Warnet Game dan Browsing
Data Terbaru Port Game Online Indonesia
Cara Menggunakan Winbox Mikrotik

Packet Flow di Mikrotik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maspur Mikrotik

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.