Tempat Berbagi Catatan dan Riset tentang Ilmu Jaringan Komputer, Tutorial Mikrotik, Cisco, GNS3, Linux, Windows serta Aplikasi Ujian Online

Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Jaringan Komputer

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER:

Jaringan komputer adalah sambungan antara dua komputer atau lebih masing-masing komputer mempunyai kartu jaringan yang saling terhubung satu sama lain melalui kabel atau tanpa kabel sebagai media transmisi data, kemudian dibantu oleh sistem operasi jaringan sehingga dapat saling bertukar data.

kartu jaringan itu bisa berupa lancard atau ethernet atau NIC, wireless card, dan juga bluetooh.

FUNGSI DAN MANFAAT JARINGAN KOMPUTER


  1. Berbagi sumberdaya baik hardware, software, brainware.
  2. Dengan adanya jaringan komputer kita dapat berbagi sumberdaya yang kita miliki.

    contoh 1: berbagi sumber daya hardware
    Apabila di lingkungan kerja kita ada 5 unit komputer namun hanya ada 1 printer, nah dengan memanfaatkan jaringan komputer, kita dapat berbagi fungsi printer agar masing-masing komputer dapat mencetak dokumen ke 1 printer yg sama.

    contoh 2: berbagi sumber daya software
    Anda tahu email kan? misalnya yahoo mail, gmail, atau sejenisnya. jika anda punya akun yahoo atau gmail cobalah anda buka di komputer yang terhubung ke jaringan internet baik dari rumah, dari kantor, dari warnet maka jika anda memasukkan akun dan password anda dengan benar maka aplikasi email anda akan terbuka, anda bisa berkirim surat secara elektronik dan anda bisa kirim atau berbagi foto atau data lain yang bersifat softcopy kepada rekan anda, itulah salah satu manfaat jaringan komputer untuk berbagi pakai software.

    contoh 3: berbagi sumber daya manusia/brainware
    selain berbagi perangkat, jaringan konputer juga berguna untuk berbagi tenaga manusia melaui jaringan komputer. Apabila Anda ingin memecahkan masalah pada komputer atau laptop anda, misalnya anda ingin memasang program tertentu namun karna alasan anda sibuk, anda tidak sempat, atau anda kurang paham cara install software anda bisa meminta bantuan rekan anda secara online yang jauh disana melalui jaringan komputer secara remote. jadi manfaat jaringan komputer bisa untuk berbagi tenaga manusia, anda bisa meminta rekan anda untuk memperbaiki komputer anda dari jarak jauh via remote.

  3. Realibilitas Tinggi
  4. Manfaat jaringan komputer memungkinkan penggunanya untuk menyalin data kedalam dua atau tiga komputer. Dengan demikian apabila salah satu komputer rusak dan data yang disimpan didalamnya hilang, penguna masih dapat menggunakan data yang disimpan dikomputer  lain. Hal ini akan menguntungkan karena pengguna tidak akan terganggu mesikpun ada komputer yang rusak atau data yang hilang.
    Manfaat Jaringan Komputer dapat memangkas waktu, jika anda mengirim surat ke Arab Saudi melalui kantor post akan memakan waktu yang lama itu bisa berhari-hari akan sampai tujuan. Namun jika anda mengirim surat secara elektronik (email) memanfaatkan jaringan komputer hanya dalam hitungan detik surat anda akan sampai tujuan.

  5. Sebagai sarana Komunikasi
  6. Manfaat jaringan komputer sebagai sarana komunikasi yang murah, misalnya dengan menggunakkan skype/whatsapp untuk melakukan komukasi text maupun suara. Atau yahoo messenger untuk melakukan komunikasi suara dan video.

  7. Menghemat uang
  8. Manfaat jaringan komputer bisa menghemat uang, seperti contoh-contoh diatas 1 printer dipakai bersama, kirim surat atau proposal melalui email lebih hemat daripada kirim surat dari kantor post, JNE atau TIKI.

MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER

Macam-macam jaringan komputer bisa dibedakan perdasarkan luas cakupannya dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu: LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network.

  1. LAN (Local Area Network)
  2. Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
    Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
    Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
    • Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
    • Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
    • Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
    Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

  3. WAN (Wide Area Network)
  4. Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.WAN (Wide Area Network)

  5. MAN (Metropolitan Area Network)
  6. Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jawara Cloud

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan dengan artikel ini mohon tinggalkan komentar anda pada form yg tersedia. Mimin akan menjawab saat tidak ada kesibukan :) Semoga Hari-hari anda senantiasa mendapatkan curahan cahaya kasih sayang Alloh SWT.